Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas

4 Ide Berbisnis Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas Bernilai Ekonomis Tinggi

Pernahkah Anda terpikir untuk memulai usaha kerajinan tangan dari kayu bekas? Era teknologi yang telah datang dalam satu dekade belakangan ini bukan kendala untuk kembali menggiatkan gerakan back to nature. Sebaliknya, teknologi justru mendukung dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk hal ini.

Gerakan back to nature juga telah merambah dunia bisnis kecil dan menengah. Buktinya makin banyak bermunculan usaha kerajinan tangan dari kayu di lingkungan sekitar. Termasuk kerajinan tangan dari kayu bekas. Kayu bekas? Tentu ini mengundang pertanyaan besar. Bagaimana mungkin kayu ada bekasnya? Apakah kerajinan tangan dari bahan kayu bekas ada peminatnya?

Ide Berbisnis Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas

Simak, yuk, 4 ide berbisnis kerajinan tangan dari kayu bekas bernilai ekonomis tinggi berikut ini!

1. Furniture Sederhana

Limbah kayu yang ada di sekitar kita adalah bahan baku yang dapat diolah lagi. Salah satu limbah kayu yang dapat diolah lagi adalah limbah palet kayu. Palet kayu ini dapat disusun kembali menjadi kerajinan tangan dari kayu bekas yang dapat dijual. Bila permukaan masih kasar, limbah palet kayu ini dapat diserut dan dihaluskan terlebih dahulu sebelum disusun. Dengan teknik pengecatan yang bagus, dan menarik, kreasi unik dari kayu bekas ini tentu akan dilirik oleh banyak orang.

kapal pinisi
Kerajinan Tangan Dari Kayu Kapal Pinisi

Furniture yang dapat dihasilkan dari limbah palet kayu ini antara lain dipan, kursi sederhana, rak berdiri maupun rak gantung. Usaha kerajinan tangan dari kayu yang berbahan dasar palet kayu ini tentu saja bernilai ekonomis karena selain ringan bahannya, kerajinan tangan jenis ini pasti relatif murah dibanding dengan furniture dari bahan kayu utuh.

2. Peralatan Dapur

Limbah kayu yang ada di pabrik pemotongan kayu atau penggergajian dapat diolah kembali. Kreasi unik dari kayu bekas yang didapat dari pabrik pemotongan kayu atau penggergajian ini misalnya peralatan dapur.

Sebab kerajinan dari limbah jenis ini biasanya tidak berbentuk besar dimensinya. Ide untuk membuat kerajinan dari kayu yang mudah dilakukan misalnya adalah membuat talenan atau chop board.

Bila bosan hanya dengan bentuk yang kotak, kreasi unik dari kayu bekas ini dapat divariasikan menjadi bentuk yang lain, misalnya berbentuk bulat, oval, atau bahkan dibentuk seperti kurva yang tidak beraturan.

Akhir-akhir ini talenan dengan bentuk yang unik dicari oleh para penggiat fotografi untuk digunakan sebagai properti foto mereka. Selain dibentuk menjadi talenan, ide lain adalah membuat limbah kayu ini menjadi piring buah, mangkuk, dan alas gelas yang unik. Tidak perlu dicat, hanya diperlukan pernis untuk mempertegas serat kayu yang ada, hal ini justru menambah keunikan kerajinan tangan dari kayu bekas yang dibuat.

3. Alat Permainan Edukatif untuk Anak

Kerajinan dari kayu yang mudah dikerjakan lainnya adalah APE atau alat permainan edukatif untuk anak usia bawah tiga dan lima tahun. Alat permainan edukatif dari limbah kayu ini bentuknya sederhana.

Kotak, persegi, tabung, dan setengah tabung dengan segala variasi ukuran dan bentuk. Kerajinan tangan dari kayu bekas jenis ini membutuhkan bahan dasar limbah kayu yang ringan. Dicat dengan warna-warna yang cerah akan menarik perhatian anak untuk belajar. Berkonsultasilah dengan guru PAUD atau psikologi perkembangan anak untuk memahami kebutuhan mereka akan APE jenis kayu ringan ini. Menjalin relasi yang baik dengan pemakai produk adalah salah satu kunci keberlangsungan usaha kerajinan tangan dari kayu ini.

4. Dekorasi Rumah

Kerajinan tangan dari kayu bekas dapat juga dibuat untuk dekorasi rumah yang unik. Frame foto, hiasan patung berbagai ukuran, lampu meja atau lampu hias, dan rak hias dengan bentuk yang unik dapat menjadi ide.

Mengombinasikan bentuk dan warna saat pengecatan akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk memikat pembeli. Salah satu bahan limbah kayu yang dapat dimanfaatkan untuk dekorasi rumah ini adalah stik es krim bekas.

Stik es krim bekas merupakan bahan baku yang mudah dikreasikan karena ukurannya yang kecil, ringan, dan sudah seragam ukurannya. Tinggal disusun, direkatkan, dipernis atau dicat sebagai finishing, kerajinan tangan dari kayu bekas ini pasti akan dilirik.

Demikian 4 ide awal kerajinan tangan dari kayu bekas yang dapat dilakukan dan dijual kembali. Ragam bentuk dan ukuran adalah kunci kreasi unik dari kayu bekas yang bernilai jual tinggi ini. Yuk, coba membuatnya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *