takjil puasa

5 Menu Takjil Buka Puasa yang Menarik

Spread the love

Saat bulan ramadhan tiba, tak sedikit umat muslim yang mulai memikirkan menu takjil buka puasa nanti. Agar tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja setiap harinya, kamu harus mengetahui kreasi menu takjil buka puasa yang menarik dan nikmat. Tidak perlu beli di jalanan, karena kamu bisa membuat takjil sendiri di rumah, sekalian menunggu waktu buka tiba.

Banyak resep aneka takjil kekinian yang bisa kamu buat sendiri dengan mudah dan terbuat dari bahan-bahan yang tidak terlalu mahal. Kamu bisa membuat menu takjil untuk dirimu sendiri atau untuk keluarga dan teman, bahkan jika lebih, kamu bisa menjualnya.

5 Menu Takjil Buka Puasa

Takjil memiliki arti menu buka puasa yang menyegarkan, manis dan praktis. Pasalnya menu sajian buka puasa di Indonesia sangat beragam, mulai dari minuman menyegarkan camilan hingga makanan berat sesuai dengan selera masing-masing. Adapun berikut ini merupakan 5 menu takjil buka puasa yang bisa jadi pilihan saat ramadhan nanti, di antaranya yaitu:

1. Es Campur

Siapa yang tidak tahu minuman segar saat ini? Pasalnya es campur menjadi pilihan menu takjil buka puasa yang paling laris saat Ramadhan. Kalau kamu ingin berbuka dengan menu ini, kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Caranya cukup gampang, kamu perlu menyiapkan beberapa bahannya terlebih dahulu, mulai dari buah-buahan seperti buah melon, strawberry, kiwi hijau, alpukat atau buah sesuai selera, susu kental manis, nutrijel, air dan es batu.

Potong-potong buah dan masukkan buah tersebut ke dalam air yang telah dicampur air gula, tambahkan susu secukupnya dan beri es batu agar segar. Setelah itu, kamu sudah bisa langsung menyajikan es campur untuk menu takjil buka puasa. Mudah bukan?

2. Sop Buah

Menu buka puasa yang manis dan menyegarkan selanjutnya yaitu sop buah. Sekilas, sop buah hampir sama dengan es campur, karena bahan dasar pembuatannya pun sama-sama dari buah, namun bedanya buah dalam sop buah lebih lengkap dan lebih banyak.

Sop buah menjadi menu takjil buka puasa paling laris dan sayang untuk dilewatkan. Bagaimana tidak? Menu ini memiliki rasa yang enak manis dan menyegarkan. kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya di jalanan agar lebih mudah.

3. Es Kopyor

Masih dari yang menyegarkan, Es Kopyor menjadi menu takjil buka puasa yang simpel namun tak kalah nikmat dan menyegarkannya es campur dan sop buah.

4. Kolak Pisang

Salah satu menu takjil buka puasa yang khas disajikan saat bulan ramadhan adalah kolak. Kamu bisa membuat kolak sesuai dengan selera, boleh menggunakan pisang atau berkreasi dengan labu kuning. Rasanya yang manis dan disajikan saat hangat mampu membuat mu puas setelah berpuasa seharian.

5. Es Pisang Ijo

Takjil buka puasa yang satu ini merupakan makanan khas kota Makassar, Sulawesi Selatan. Es Pisang Ijo memiliki cita rasa yang lezat dan mengenyangkan, karena terbuat dari buah pisang. Menu ini seringkali dijumpai saat bulan ramadhan. Kamu bisa membelinya di jalan atau membuatnya sendiri dengan mencari resepnya.

Itulah 5 menu takjil buka puasa yang menarik yang bisa menjadi pilihan saat ramadhan tiba. Pasalnya masih ada berbagai menu buka puasa lainnya yang bisa kamu pilih, kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya di jalanan sembari jalan-jalan sore.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *