tips puasa agar tahan godaan

5 Tips Kuat Puasa Saat Kerja Agar Tahan Dengan Godaan

Spread the love

Menjalankan ibadah puasa pada saat bekerja memang menjadi tantangan tersendiri. Anda harus mengetahui tips kuat puasa saat kerja agar nantinya tidak lemas saat menyelesaikan pekerjaan, maupun tergoda untuk menyantap makanan. Selama berpuasa, Anda harus menjaga energi yang dimiliki tubuh dengan baik. Karena bagaimanapun, jumlah energi yang dimiliki berbeda dibandingkan saat tidak berpuasa.

Jika Anda menikmati pekerjaan di kantor, puasa sebenarnya tidak akan menjadi masalah berarti. Sibuk menyelesaikan pekerjaan dapat mengalihkan pikiran untuk tidak lapar. Dengan mengetahui informasi ini, tidak ada lagi alasan untuk tidak puasa karena kerja berat. Lalu, bagaimana tips agar kuat bekerja selama berpuasa ?

Tips Kuat Puasa Saat Kerja Agar Tahan Dengan Godaan

Tips ini sangat mudah untuk dijalankan, terlebih bagi Anda yang memang sudah terbiasa berpuasa. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat berpuasa sambil bekerja.

1. Hindari Begadang

Saat berpuasa, tubuh akan lebih mudah lelah bahkan mengantuk. Apalagi saat bekerja, dimana energi akan semakin terkuras untuk berfikir saat menyelesaikan pekerjaan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk tidur di malam harinya dengan waktu yang cukup.

Waktu tidur di malam hari saat berpuasa akan lebih pendek karena dipotong waktu sahur. Kebiasaan begadang harus segera dihentikan, jangan sampai nantinya berakibat buruk dengan pekerjaan di kantor. Anda harus benar-benar bisa memanfaatkan waktu tidur dengan baik, agar tidak ada kendala saat puasa.

2. Sesuaikan Asupan Saat Sahur

Porsi asupan saat sahur berpengaruh terhadap energi Anda saat bekerja di siang hari. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang cukup pada saat sahur, akan tetapi jangan sampai berlebihan. Minum air mineral yang banyak untuk menjaga kadar oksigen di otak.

Dengan meminum banyak air mineral, Anda juga akan terhindar dari dehidrasi saat siang hari. Sebagian besar orang merasa tidak terlalu lapar saat berpuasa, namun lebih ke rasa haus. Minum sebanyak 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas saat sahur sangat dianjurkan untuk Anda yang bekerja.

3. Maksimalkan Waktu Istirahat

Tips kuat puasa saat kerja selanjutnya, Anda harus memaksimalkan waktu istirahat di kantor. Saat bekerja, tentu Anda diberikan waktu untuk beristirahat, biasanya saat jam makan siang. Karena dalam kondisi berpuasa, dan tidak mungkin untuk makan, maka gunakan waktu untuk istirahat.

Anda bisa beristirahat setelah beribadah untuk memulihkan energi kembali. Dalam berpuasa, energi yang dimiliki memang harus dikelola dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa kuat berpuasa sampai waktu berbuka tiba.

4. Fokus Dengan Pekerjaan

Salah satu penyebab seseorang tidak kuat berpuasa biasanya karena selalu memikirkan kapan waktu berbuka. Hal tersebut justru akan membuat rasa lapar muncul dan akan membuat Anda tidak kuat berpuasa. Coba untuk fokus dengan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Dengan cara itu, Anda tidak akan memikirkan kapan waktu berbuka. Hindari juga terlalu sering melihat jam, itu akan membuat waktu berpuasa terasa sangat lama. Lakukan tips kuat puasa saat kerja ini agar pekerjaan tetap dapat diselesaikan dengan maksimal.

5. Segarkan Pikiran

Pada saat bekerja, tentu akan ada masanya merasa bosan, terlebih saat berpuasa. Untuk mengatasi rasa bosan itu, Anda bisa mencoba untuk bermain game atau menenangkan diri di ruang khusus beribadah. Dengan pikiran yang segar, energi akan lebih cepat dipulihkan lagi.

Manfaatkan dengan baik setiap waktu yang dimiliki dengan aktivitas yang bermanfaat. Hindari godaan yang mungkin akan membuat puasa Anda batal.

Itulah beberapa tips kuat puasa saat kerja yang bisa dilakukan. Jika melakukan tips ini dengan baik, Anda akan bisa lebih kuat berpuasa sampai waktu berbuka tiba.

Sementara untuk Anda yang bekerja berat seperti berkebun, buruh bangunan, tetap harus menjalankan puasa. Karena ada hukum puasa bagi pekerja berat menurut Sunnah yang mewajibkan untuk berpuasa. Meskipun saat merasa tidak kuat, diperbolehkan untuk berbuka lebih awal.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *