Usaha Kerajinan Tangan

5 Tips Memulai Usaha Kerajinan Tangan yang Dapat Dikerjakan dari Rumah

Spread the love

Usaha kerajinan tangan adalah sebuah terobosan baru untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kecil dan menengah. Yang seru dari usaha kerajinan tangan ini adalah dapat dimulai dari rumah, tidak perlu ruang khusus, saat memulainya tidak memerlukan banyak karyawan, dan tentu saja tidak bermodal banyak.

Usaha kerajinan tangan ini biasanya banyak yang bermula dari hobi. Sedangkan hobi yang tadinya digunakan sebagai sarana rekreasi yang murah di rumah. Bila ternyata usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang dan menambah kegembiraan dapat digunakan sebagai sarana penambah pendapatan keluarga, apa salahnya?

Tips Memulai Usaha Kerajinan Tangan yang Dapat Dikerjakan dari Rumah

Usaha kerajinan tangan yang menghasilkan uang bila terus menerus pasti menuntut manajemen atau pengaturan agar bisnisnya dapat berlangsung lama dan menghasilkan omzet yang kian meningkat. Inilah 5 tips memulai usaha kerajinan tangan yang dapat dimulai dari rumah.

kerajinan tangan dari kayu bekas

1. Lakukan Survey Ringan Sebelum Memilih Jenis Usaha Kerajinan Tangan

Sebelum memulai usaha kerajinan tangan dari rumah, baiknya lakukan terlebih dahulu survey sekilas. Google sudah banyak menyediakan informasi tentang kerajinan tangan yang laku di pasar. Selain dari daring informasi mengenai kerajinan tangan yang laku di pasar dapat diakses melalui marketplace dan media sosial. Tingginya angka penjualan dan review dari pembeli membuktikan bahwa usaha kerajinan tangan memang sedang digemari .

2. Cari yang Modalnya Tidak Terlalu Banyak

Untuk memulai sebuah usaha kerajinan tangan yang masih berada di level rumahan, sebaiknya pilihlah yang modalnya tidak terlalu banyak. Bicara mengenai modal tidak hanya akan dialokasikan untuk pembelanjaan bahan baku, melainkan harus juga dipikirkan pengemasan dan biaya iklan atau pemasaran.

Membuat usaha kerajinan tangan dari barang bekas juga ide yang menarik. Tentu saja ini akan memangkas alokasi belanja bahan baku. Perlu dipertimbangkan bila memang ingin membuat usaha kerajinan dari barang bekas adalah bekerja sama dengan penyuplai barang bekas tersebut. Kerja sama saling menguntungkan tentu saja akan disukai pebisnis.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa modal tidak hanya melulu mengenai uang, tekad dan motivasi yang tinggi, kemampuan pelaku usaha untuk memasarkan, dan jejaring relasi juga modal yang tidak dapat dinilai harganya.

3. Mulai Mengenalkan Produk

Setelah membuat contoh atau menerima pesanan pertama, segera kenalkan produk yang dijual. Cara paling mudah mengenalkan produk ini adalah melalui media sosial yang telah dipunyai. Namun, seiring berjalannya waktu, perlu dipertimbangkan membuat media sosial khusus untuk usaha kerajinan tangan.

Selain mengenalkan produk, langkah ini juga bernilai lebih yaitu membangun citra diri atau personal branding baru kepada relasi. Oleh karena itu, jangan lupa memfoto kerajinan tangan yang telah dibuat sebelum dikirimkan atau diserahkan kepada pemesan.

Lakukan foto produk ini setiap kali membuat model yang berbeda. Dan lakukan pemotretan produk tidak hanya satu kali. Hal ini perlu untuk membandingkan sudut terbaik dari kerajinan tangan yang dibuat.

4. Ikutilah Kelas-Kelas Pengembangan Bisnis

Jangan berpikir bahwa kelas pengembangan bisnis ini berbayar mahal. Kelas-kelas pengembangan bisnis untuk usaha kerajinan tangan banyak digelar melalui webinar atau seminar daring akhir-akhir ini.

Di YouTube juga banyak tersedia channel yang menyediakan kelas untuk membangun usaha kerajinan tangan berikut juga beragam tutorial pengembangan ide baru kerajinan tangan.

5. Kuncinya Hanya Satu: Mulailah Sekarang

Dari beragam kelas pengembangan bisnis usaha kerajinan tangan ataupun bisnis yang lain, baik skala kecil, menengah hingga nasional, rerata saran yang sama dari para pakar adalah sama.

Kunci memulai usaha hanya satu: mulailah sekarang, saat ini juga! Mulai dari apa yang ada di tangan dan lingkungan sekitar. Jangan menunda lebih lama ide yang sudah melintas untuk memulai usaha kerajinan tangan. Setidaknya tuliskan ide tersebut dalam sebuah catatan agar tidak terlupa.

Banyak orang yang mengatakan kerajinan tangan itu adalah produk yang sangat terkait dengan mood pembuatnya. Namun, hal ini tidak seluruhnya benar. Bila sudah diputuskan untuk membangun usaha kerajinan tangan, meskipun dari rumah, tekad dan persistensi adalah bahan baku utama dari pelakunya. Yuk, segera dimulai usaha kerajinan tangan sesuai dengan kemampuan!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *