5 Tradisi Lebaran Unik di Indonesia dari Berbagai Daerah

Spread the love

Perayaan lebaran yang hanya dilakukan setahun sekali selalu diadakan dengan meriah. Ada banyak tradisi lebaran unik di Indonesia yang dilakukan masyarakat dari berbagai daerah. Tradisi ini pun muncul dengan perpaduan kebudayaan masyarakat setempat.

Halal bihalal atau silaturahmi ke tetangga dan sanak saudara menjadi agenda rutin yang dilakukan usai menjalankan sholat Idul Fitri. Begitu juga dengan tradisi mudik lebaran, yang dilakukan masyarakat Indonesia untuk pulang kampung. Malam takbiran juga menjadi tradisi tradisi lebaran unik di indonesiayang hanya ada di Indonesia. Apalagi tradisi unik lainnya?

Tradisi Lebaran Unik di Indonesia dari Beberapa Daerah

Indonesia yang terdiri dari kepulauan memiliki banyak sekali daerah dengan tradisi berbeda-beda. Kebudayaan ini memberikan pengaruh besar ketika muslim masuk ke Indonesia. Oleh karena itu setiap perayaan Idul Fitri banyak kegiatan unik yang dilakukan masyarakat daerah.

Berikut ini beberapa tradisi lebaran unik di Indonesia yang dilakukan di beberapa daerah.

1. Ronjok Sayak

Kegiatan ini dilakukan di setiap rumah masyarakat Bengkulu. Pada saat malam takbiran yaitu usai sholat Isya, setiap masyarakat di rumahnya akan menyusun batok kelapa. Kemudian susunan batok tersebut akan dibakar.

Makna dari pembakaran batok kelapa menggunakan api adalah untuk menghubungkan antara manusia dengan leluhur. Hingga saat ini tradisi Ronjok Sayak masih banyak dilakukan setiap tahunnya.

2. Festival Meriam Karbit

Sebuah tradisi lebaran unik di Indonesia tepatnya di daerah Pontianak. Festival digelar selama tiga hari yaitu sebelum, saat lebaran dan sesudahnya. Kegiatan ini dilakukan di tepian sungai Kapuas. Selama festival berlangsung, ada beberapa perlombaan yang dilakukan.

Perlombaan utama yang jadi puncak acara adalah pembuatan meriam karbit yang dibuat dari bahan pohon kelapa atau kayu durian. Bentuknya silinder tebal dan diikat dengan rotan. Masyarakat Pontianak juga percaya bahwa meriam ini berfungsi untuk mengusir Kuntilanak.

3. Grebeg Syawal

Sebuah tradisi yang dilakukan masyarakat Yogyakarta yang dilaksanakan dalam rangka Idul Fitri 1 Syawal. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak lama dan merupakan tradisi peninggalan kraton. Upacara dilakukan dalam bentuk Gunungan Lanang yang isinya adalah sayur mayur serta hasil bumi.

Gunungan akan didoakan di Masjid Gede Keraton Ngayogyakarta sebelum akhirnya diarak untuk diambil berebut oleh masyarakat. Tradisi ini dipercaya untuk membawa berkah dan ketentraman masyarakat Yogyakarta.

4. Tumbilotohe

Tradisi unik lebaran ini dilakukan oleh masyarakat Gorontalo. Kegiatan yang dilakukan masyarakat adalah membuat lampu minyak menggunakan botol mulai dari tiga hari sebelum Idul Fitri. Hiasan lampu minyak ini akan dipasang di rumah dan dinyalakan saat malam hari.

Tentu saja setiap sudut rumah akan menjadi terang hingga pagi menjelang. Hebatnya lagi, tradisi ini sudah ada sejak abad ke 15 dan terus dilestarikan sampai sekarang. Tak hanya di rumah-rumah saja, tapi juga di jalan dan jembatan. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk menerangi jalan saat malam hari.

5. Nasi Jaha

Ketupat opor adalah sajian yang biasa dihidangkan saat lebaran, tapi masyarakat di Sulawesi Utara memiliki hidangan yang berbeda. Nasi Jaha, adalah kuliner yang disajikan saat Idul Fitri dan menyambut tamu yang datang dari jauh. Penduduk SUlawesi Utara khususnya Motoboi Besar akan memasak nasi jaha berbarengan.

Nasi jaha adalah beras ketan yang dimasak bersama santan dan jahe. Cara memasaknya pun unik yaitu dimasukan ke dalam batang bambu yang sudah dilapisi daun pisang. Kemudian bambu berisi beras tersebut akan dibakar di atas sabut kelapa.

Sangat beragam bukan tradisi lebaran unik di Indonesia? Lalu apakah tradisi lebaran 2021 apakah yang nanti akan kamu ikuti?

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *