kerajinan tangan dari kayu

7 Jenis Handycraft dari Kayu Khas Indonesia yang Etnik

Indonesia dimanfaatkan terkenal dengan kekayaan alamnya terutama material kayu. Ada begitu banyak hutan yang manusia untuk produk ekspor, salah satunya handycraft dari kayu. Beragam jenis kayu dan harganya lebih murah ketimbang kayu-kayu yang ada di Eropa dan Amerika.

Kerajinan kayu dari Indonesia terkenal dengan kesan yang etnik. Beberapa bahkan merupakan kerajinan khas daerah. Contoh yang paling terkenal adalah ukiran Bali atau Jepara di kayu. Ukiran memiliki kekhasan dan motif yang penuh filosofi. Biasanya ukiran diberikan pada furniture seperti lemari, meja kursi bahkan hiasan dinding. Adakah kerajinan dari kayu lainnya? Tentu saja banyak.

Berbagai Jenis Handycraft dari Kayu nan Etnik

Kerajinan Tangan Kapal Pinisi
Sumber: Kerajinan dari Kayu Kapal Pinisi

Lakunya produk kerajinan kayu dari Indonesia di pasar Internasional menjadi mata pencaharian banyak masyarakat. Dengan begitu banyak orang yang terus berkreasi dengan material kayu. Maka muncullah begitu banyak kerajinan etnik kayu yang mendunia. Apa saja itu? Yuk simak contoh kerajinan dari kayu asal Indonesia berikut ini.

  • Wayang Golek

Siapa yang tak kenal dengan wayang? Hampir di seluruh daerah Indonesia memiliki budaya wayang. Salah satunya adalah wayang Golek, handycraft dari kayu asal Jawa Barat ini merupakan karakter dari pertunjukan seni. Namun kini kebanyakan wayang golek diciptakan untuk dekorasi ruangan.

  • Jam Tangan Kayu

Kerajinan ini termasuk modern dan kini tengah banyak dicari bahkan laku di pasaran Internasional. Jam tangan kayu merupakan karya anak bangsa yang cukup digandrungi. Biasanya jenis kayu yang digunakan adalah kayu lunak seperti oak, pinus sehingga tidak terlalu berat ketika dikenakan. Kerajinan etnik ini tidak dijual dengan harga yang terlalu murah, karena kerumitan proses pembuatannya.

  • Batik kayu

Pernah melihat asbak dari kayu yang dibatik? Kamu akan menemukannya di desa Krebet Yogyakarta. Di sini ada begitu banyak handycraft dari kayu yang dibatik. Mulai dari asbak, topeng, sandal bahkan patung dari kayu, semuanya dibatik dengan sangat indah. Uniknya jika wisatawan datang ke desa ini, mereka bisa belajar untuk membatik kayu secara langsung.

  • Gelang kayu

Sebagai aksesoris, gelang tidak selalu terbuat dari emas, benang atau perak. Ada juga gelang yang terbuat dari kayu. Bentuknya sangat unik, ada yang kotak hingga bulat. Warna-warni natural dari kayu yang berbeda-beda menambah daya tariknya. Bahkan ada juga gelang yang menggunakan kayu wangi seperti kayu cendana. Siapa sangka juga ternyata gelang ini termasuk kerajinan dari kayu bekas. Karena ukurannya yang kecil, biasanya pengrajin memanfaatkan material bekas pabrik furniture.

  • Tikar kayu

Siapa bilang tikar hanya terbuat dari plastik atau kain saja? Ada juga tikar yang terbuat dari material kayu. Warna natural kayu inilah yang membuat kesan etnik semakin kuat. Tikar ini hanya dibuat oleh pengrajin, jadi masih jarang pabrikan yang memproduksinya. Ada banyak jenis kayu yang digunakan dan tikar disambung dengan apik agar bisa dilipat.

  • Frame kacamata

Bingkai kacamata turut dihadirkan dalam material kayu. Jika kamu menggunakan jam tangan kayu, perlu juga untuk memakai kacamata kayu yang sangat stylish ini. Sama seperti jam, kacamata kayu juga karya anak bangsa loh. Kacamata ini paling keren jika menggunakan kaca hitam.

  • Speaker kayu

Kaum milenial memang suka dengan sesuatu yang unik dan etnik. Salah satunya speaker kayu yang tidak menggunakan listrik. Dengan desain yang tepat, kayu bisa menjadi pengeras suara smartphone. Cukup letakkan smartphone ke dalam speaker kayu dan putar musik.

Begitu banyak handycraft dari kayu asal Indonesia yang sangat mendunia. Kita sebagai anak bangsa tentunya bangga dengan hasil para pengrajin ini.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *