teknik mengatur pencahayaan rumah

Begini Teknik Mengatur Pencahayaan Rumah, Jangan Sampai Salah!

Spread the love

Mengatur pencahayaan rumah memang menjadi salah satu hal yang sering diremehkan banyak orang. Padahal kenyataannya hal itu memiliki peran yang terbilang penting dalam menciptakan kenyamanan beraktivitas di dalam rumah. Sebab, ruangan tentu saja tidak dapat berfungsi secara optimal manakala tidak mendapat penerangan yang baik.

Begini Teknik Mengatur Pencahayaan Rumah

Berikut sejumlah teknik cara mengatur pencahayaan rumah yang tidak boleh disepelekan lagi:

1. Gunakan Pencahayaan dari Sudut Ruangan yang Tersembunyi

Teknik mengatur pencahayaan rumah yang pertama adalah memasang lampu penerangan dari sudut ruangan yang tersembunyi. Hal itu dapat membantu menonjolkan bentuk dan struktur dari arsitektur ruangan. Sebagai alternatif lainnya selain menggunakan lampu, Anda dapat memasukkan cahaya matahari alami ke dalam rumah menggunakan tabung surya.

2. Pasang Lampu Malam di Area Tertentu

Meski terkesan tidak penting, penambahan lampu pada area tertentu seperti tangga dan lorong memiliki sejumlah manfaat. Hal itu terutama dapat dirasakan pada saat malam hari. Ketika Anda harus berjalan di area tersebut seorang diri tentu akan lebih baik jika tetap ada cahaya pendukung di sana. Tidak perlu menggunakan lampu terang. penggunaan lampu malam yang redup pun sudah cukup baik.

3. Pencahayaan di Rumah Minimalis

Tata lampu rumah minimalis memiliki tekniknya tersendiri. Dalam hal ini, pencahayaan sebaiknya hanya difokuskan pada aksen-aksen ruangan yang memang ingin diperlihatkan. Teknik pencahayaan tersebut membuat orang-orang akan langsung terarahkan pada titik-titik tertentu yang memang ingin ditonjolkan.

4. Teknik Pencahayaan di Ruang Tamu

Pencahayaan pada ruang tamu menjadi hal yang perlu diperhatikan karena menjadi ruangan yang pertama kali akan dilihat oleh tamu yang datang. Oleh karena itu, jika sekiranya ruang tamu tidak mendapat pencahayaan alami yang maksimal, maka sebaiknya gunakan lampu dengan kekuatan sedang. Hal itu untuk memastikan kesan hangat dan intim tetap dapat tercipta.

5. Teknik Pencahayaan di Kamar Tidur

Kamar tidur juga menjadi salah satu ruangan yang perlu diatur pencahayaannya. Hal itu karena berpengaruh pada kenyamanan Anda pada saat beristirahat. Maka, sebaiknya pilih lampu yang cahayanya tidak menimbulkan efek silau. Selain itu, upayakan memilih warna lampu yang cenderung kekuningan. Sebab, hal itu dapat memberikan kesan rileks dan nyaman pada ruangan.

6. Teknik Pencahayaan di Dapur

Mengatur pencahayaan rumah adalah hal yang memang tidak boleh dilewatkan termasuk pencahayaan pada ruang dapur. Dikarenakan ruangan itu difungsikan untuk aktivitas masak, maka sangat perlu pencahayaan terpusat. Dalam hal ini, sebaiknya gunakan lampu sorot.

Namun, peletakan lampu tersebut perlu diperhatikan. Upayakan pemasangannya tidak mengarah langsung ke area memasak. Hal itu untuk menghindari terciptanya bayangan yang mungkin saja dapat mengganggu aktivitas memasak Anda.
Demikian informasi tentang teknik mengatur pencahayaan rumah. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang sedang membangun atau merenovasi rumah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *