kegiatan ramadhan anak

Berbagai Kegiatan Ramadhan Anak yang Bermanfaat Dilatih Sejak Dini

Spread the love

Bulan Ramadhan sudah semakin dekat. Umat muslim pun tentu ingin menyambut bulan yang penuh berkah ini dengan hal-hal baik. Termasuk kegiatan Ramadhan anak hingga orang dewasa. Pasalnya, ada banyak aktivitas yang bisa Anda dan sang anak lakukan sepanjang hari.

Ingatlah, bahwa berpuasa bukan berarti Anda hanya malas-malasan dan membiarkan anak bermain seharian. Ajaklah anak melakukan hal-hal positif yang bermanfaat dan melatih kemampuannya. Kegiatan ini juga bisa sekaligus meningkatkan kedekatan Anda dan anak.

Menciptakan berbagai kebiasaan baik selama berpuasa akan menumbuhkan mental anak yang lebih semangat dan senantiasa bersyukur. Ia akan menghilangkan anggapan bahwa puasa identik dengan lapar dan tidur sepanjang hari.

Inilah Berbagai Kegiatan Ramadhan Anak

Ada banyak kegiatan seru yang bisa anak lakukan selama bulan Ramadhan. Inilah contoh kegiatan di bulan Ramadhan bagi anak.

1. Melatih Anak Beramal

Seperti kita tahu, bahwa bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Itulah sebabnya, orang-orang mulai melakukan banyak kegiatan beramal. Anda bisa mengajak anak untuk belajar bersedekah, membantu orangtua, serta membantu siapapun yang kesusahan.

Tidak ada salahnya, jika Anda ingin mengajak anak ke panti asuhan dan berbagai kebahagiaan bersama di sana. Ajarkan arti pentingnya berbagi melalui bantuan sembako, makanan untuk buka puasa, serta latih anak untuk bersyukur.

2. Belajar Mengaji

Kegiatan Ramadhan anak selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan waktu di bulan Ramadhan dengan mengajarkan anak latihan mengaji. Apalagi di bulan seperti ini, ada banyak waktu luang antara orangtua dan anak. Jangan menyia-nyiakannya hanya dengan kegiatan bersenang-senang yang tak ada habisnya.

Lebih baik luangkan waktu sejenak untuk mengajarkannya setelah selesai sholat, menunggu waktu buka, atau setelah selesai sahur. Latihlah anak membaca maupun menghafal doa-doa singkat, mengaji menggunakan rima dan nada, dan sebagainya.

3. Merencanakan Menu Buka dan Sahur Bersama

Waktu berbuka dan sahur adalah momen-momen seru dan penuh kenangan bagi anak. Bahkan ketika dewasa, mereka akan selalu mengingat hal-hal tersebut. Jadi, alangkah baiknya bila Anda mengajak anak untuk merencanakan menu buka dan sahur bersama.

Tanyakan dan mintalah pendapat anak mengenai rencana menu yang diinginkannya untuk sahur dan berbuka. Tidak ada salahnya, bila Anda juga mengajaknya berdiskusi untuk memilih menu makanan. Selanjutnya, tawarkan pada anak untuk memasak bersama dengan membantu hal yang ringan.

4. Mengajarkan Kebiasaan Ramadhan

Masuk bulan Ramadhan, pastinya Anda sudah terbiasa dengan berbagai kebiasaan di bulan ini. Contohnya saja seperti sholat Tarawih dan mengaji di masjid, membagi-bagikan takjil, dan kebiasaan lainnya. Sangat penting mengajarkan pada anak mengenai kebiasaan baik ini sebelum ia dewasa.

5. Membuat Kreatifitas

Berbagai aktivitas sekolah anak, pastinya dikurangi selama Ramadhan. Maka dari itu, anak juga harus dilatih mengenai kegiatan Ramadhan kreatif saat di rumah. Lakukan kegiatan ini bersama, sekaligus untuk menciptakan kehangatan antara anak dan orangtua.

Misalkan saja dengan membuat kartu ucapan Ramadhan dan mempersiapkan kartu ucapan menjelang Lebaran. Menggunakan kartu buatan sendiri, tentu akan membuat anak lebih dihargai dan memberikan kebanggaan untuknya.

Ada banyak hal baik dan positif bisa Anda kerjakan bersama anak selama Ramadhan. Meskipun berbau keagamaan, tetapi Anda bisa mengemas Ramadhan untuk anak secara menyenangkan agar anak tidak bosan.

Apalagi kegiatan Ramadhan anak ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan baik bagi anak sejak dini. Sehingga setelah dewasa nanti, ia bisa memaknai Ramadhan dengan segala hal baik. Sebagai orangtua, tentu saja Anda haruslah paham mengenai kegiatan Ramadhan anak ini.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *