Cara Melatih Pemain Badminton Pemula Agar Cepat Berkembang Pesat! Coba Saja

Spread the love

Badminton atau Bulu tangkis adalah suatu jenis olahraga yang menggunakan raket untuk memukul shuttlecock. Jenis olahraga ini sangat familiar bagi semua kalangan karena olahraga ini tidak membutuhkan banyak orang, dan biayanya pun tidak terlalu mahal.

Bulu tangkis sendiri terdiri dari dua kata yaitu bulu dan tangkis. Dapat disimpulkan bahwa bulu tangkis adalah olahraga yang dilakukan dengan cara menangkis bulu shuttlecock melewati net dengan menggunakan raket. Jenis permainan ini dapat dilakukan dengan berpasangan (ganda) dan dapat dilakukan sendirian (single).

Namun tentunya bagi pemula sangat susah dan badan masih terasa kaku untuk bermain jenis olahraga seperti ini. Karena dibutuhkan fisik yang kuat dan teknik yang mumpuni untuk melakukanya. Nah tahukah kalian bagaimana cara melatih pemain badminton pemula agar cepat berkembang pesat tanpa harus privat.

Berikut ini adalah cara melatih pemain badminton pemula agar cepat berkembang.

1. Lari di Pantai

Pantai tidak hanya dijadikan tempat wisata saja, namun pantai dapat dijadikan tempat untuk fisik bagi pemain olahraga. Khususnya pemain badminton sangat baik sekali untuk berlatih fisik disana, karena kondisi pasir yang sangat bagus untuk berlatih berlari mengatur napas.

Lari di pantai merupakan salah satu teknik melatih pemain badminton pemula agar cepat berkembang dalam permainan. Semakin sering berlari di pantai semakin cepat pula pengaturan nafas kita dalam melakukan permainan badminton ini, karena dibutuhkan fisik kuat dalam sebuah permainan badminton.

2. Melakukan Senam pergelangan Tangan

Cara melatih pemain badminton pemula agar cepat berkembang berikutnya yaitu dengan senam pergelangan tangan atau foles. 80 % kekuataan pukulan dalam badminton yaitu pada pergelangan tangan.

Kekuatan pergelangan tangan ini dapat dilatih dengan menggunakan alat bantu seperti botol bekas yang diisi air atau pasir yang dilakukan dengan cara memutar pergelangan tangan saja. Tidak terlalu lama hanya 15 menit dilakukan pagi, siang, dan sore hari secara rutin, ini sangat cepat membantu dalam teknik permainan badminton kalian.

Hanya dengan berlatih menggunakan botol bekas saja, dalam hitungan singkat saja kalian dapat memiliki pukulan dengan power yang sangat keras dan smash yang sangat cepat.

3. Lari Maju Mundur

Lari maju mundur merupakan salah satu cara melatih pemain badminton pemula agar cepat berkembang. Jarak yang digunakan untuk lari maju mundur minimal 5 meter selama 10 menit dengan rutin sangat membantu sekali dalam permainan badminton.

Lari maju mundur ini bertujuan untuk melatih kecepatan kita dalam menangkis arah datangnya shuttlecock. Kita tidak pernah tahu dimana letak datangnya shuttlecock yang lawan berikan, untuk itu berlatih lari maju mundur sangat membantu sekali dalam permainan badminton.

4. Push-up

Push up adalah senam kekuatan yang memiliki fungsi untuk menguatkan otot biset dan triset. Jenis senam ini sangat baik dan cocok untuk melatih power bagi pemain bulutangkis, karena sebagian besar permainan bulutangkis pada kekuatan tangan.

Push up merupakan salah satu cara melatih pemain bulutangkis pemula agar cepat berkembang. Dengan sering kita melakukan senam push up, maka akan cepat pula power pukulan kalian akan cepat bertambah pula. Lakukan dengan teratur tidak hanya otot lengan saja yang kuat, tubuh pun akan terasa ringan.

Itulah sedikit tentang bagaimana cara melatih pemain pemula badminton agar cepat berkembang. Tanpa harus mengeluarkan biaya mahal pun kalian dapat menjadi pemain yang handal asalkan berlatih dengan gigih. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *