Cara Melatih Pergelangan Tangan Atau Wrist Agar Kuat Dalam Permainan Bulutangkis! Bagi Pemula Simak

Bulutangkis atau badminton adalah salah satu jenis cabang olahraga yang menggunakan alat yang dinamakan raket dengan cara memukul sutthlecock hingga melewati batas net. Jenis olahraga ini bisa dimainkan single atau double.

Bulutangkis memang salah satu olahraga yang sangat familiar di semua kalangan, tidak hanya dimainkan orang dewasa saja, bahkan saat ini anak usia dini sudah mulai diperkenalkan jenis olahraga ini. Banyak dibuka tempat-tempat khursus pembelajaran cabang bulutangkis usia dini.

Dalam olahraga ini dibutuhkan fisik dan mental yang kuat serta teknik permainan yang tinggi agar kita dapat memenangkan pertandingan dan mematahkan lawan. Namun semua itu tidak bisa instan, perlu latihan terus menerus dan kerja keras yang tinggi.

Disini kami akan memberi sedikit tips atau cara melatih pergelangan tangan atau wrist agar kuat. Karena yang paling utama dalam permainan bulutangkis, hampir 80% pada kekuatan tangan dan pergelangan.

Bagaimana cara melatih pergelangan tangan atau wrist agar kuat?

1. Dengan Media Botol.

Menurut banyak orang sebuah botol apabila telah diambil isinya pasti tidak digunakan lagi alias dibuang. Namun jangan salah, sebuah botol ini dimanfaatkan oleh para pemain bulutangkis sebagai media latihan untuk melemaskan pergelangan tangan loh.

Botol yang sudah disiapkan itu dapat di isi dengan air atau pasir agar memiliki berat. Kemudian tutup dengan rapat agar isi dalam botol tidak tumpah saat digunakan. Lakukan dengan memutar pergelangan tangan dengan memegang botol tersebut secara bolak-balik terus menerus selama 1 menit. Ini merupakan salah satu cara melatih pergelangan tangan atau wrist agar cepat kuat.

2. Raket Beban.

Dalam permainan bulutangkis memang setiap raket memiliki beban berat yang berbeda-beda. Ada yang mulai dari 95-99 gram, 90-94 gram, dan ada yang rendah yaitu 75-79 gram. Raket merupakan alat utama yang digunakan dalam permainan bulutangkis.

Apabila kita saat latihan selalu menggunakan rakaet yang memilki beban yang berat, ini sangat sangat membantu cara melatih melemaskan pergelangan tangan atau wrist kita. Dengan terbiasanya kita saat latihan menggunakan raket berat, nanti pada saat pertandingan kita menggunakan beban yang rendah, pukulan kita akan terasa kencang dan mamilki bobot.

3. Alat Latihan Jari.

Alat latihan jari biasanya banyak dijual di toko-toko olahraga. Alat ini terbuat dari besi yang cara kerjanya seperti pir, apabila kita genggang akan kembali lagi seperti awal. Alat ini juga tergolong murah, tapi sangat memberi manfaat besar dalam permainan bulutangkis.

Alat ini dibuat bertujuan untuk melatih jari-jari tangan agar kuat dalam menggenggam raket. Apabila jari-jari kita kuat dan lemas, akan sangat membantu dalam mengecoh pengembalian shuttlecock.

Para atlet bulutangkis selalu menggunakan alat ini dalam berlatih. Lakukan sekuat anda selama mampu dengan terus menerus, ini akan sangat membantu dalam teknik permainan bulutangkis anda, juga merupakan salah satu cara agar melatih pergelangan tangan atau wrist menjadi lebih kuat.

4. Besi Barbel.

cara melatih pergelangan tangan atau wrist agar kuat

Besi barbel merupakan alat yang paling sering kita jumpai dalam cabang olahraga apapun. Alat ini bertujuan melatih otot-otot lengan supaya menjadi kuat. Dengan sering kita berlatih mengangkat barbel, otot lengan kita menjadi kuat dan ini akan sangat berpengaruh besar dalam pukulan yang kita berikan.

Besi barbel ini merupakan salah satu cara melatih pergelangan tangan atau wrist agar kuat. Dengan sering kita berlatih terus-menerus mengangkat beban berat, lengan kita atau pergelangan tangan semakin memiliki pukulan power kuat dan besar.

Itulah sedikit penjelasan tentang cara melatih pergelangan tangan atau wrist agar kuat dalam permainan bulutangkis. Dengan sering kita berlatih teknik maupun fisik secara rutin dan teratur, ini akan sangat bermanfaat dalam tubuh kita yang utama dan teknik permainan bulutangkis kita juga akan cepat berkembang pesat.

Share It:
Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *