Cara Menanam Cabe dalam Polybag

Spread the love

Cara menanam cabe dalam polybag mudah dan cocok untuk mulai budidayakan cabe khususnya di halaman rumah yang sempit. Cabe adalah salah satu bahan masakan yang selalu dibutuhkan saat memasak untuk menambah rasa pedas makanan. Terutama untuk masyarakat Indonesia rasanya kurang puas kalau lauk yang dimakan tidak memiliki rasa pedas.

Tata Cara Menanam Cabe dalam Polybag

Menanam cabe juga salah satu cara berhemat sebab ketika sudah panen, cabe yang ditanam di dalam polybag bisa langsung dipetik. Selain itu, cabe dalam polybag mudah dipindahkan, tidak butuh banyak ruang dan bisa ditanam dalam jumlah banyak. Berikut adalah cara menanam cabe dalam polybag yang benar dan tepat.

1. Memilih Benih Sesuai Varietas

Memilih benih dari varietas terbaik agar cabe yang tumbuh nanti juga berkualitas terbaik. Dibutuhkan pengetahuan tentang cara menanam cabe dalam polybag agar berbuah lebat untuk mendapatkan hasil maksimal. Langkah mudah yang dapat diterapkan yaitu:

a. Mengambil biji dari cabe yang sudah tua dan kering. Cuci biji sampai bersih dari daging dan kulit cabe, selanjutnya jemur sampai kering.

b. Cara lain adalah membeli bibir terbaik di toko pertanian. Boleh juga pesan online asalkan tokonya terpercaya dan pilih sesuai varietasnya. Lebih baik lagi benih yang dibeli sudah memiliki sertifikat kualitas.

2. Menyemaikan Biji Cabe

Cara menanam cabe dalam polybag sangat praktis karena hanya butuh tanah dan pupuk dalam jumlah kecil. Masukkan tanah dan pupuk kandang ke dalam polybag yang sudah disiapkan dengan perbandingan 3:1. Usahakan tanah juga dipilih yang bagus, jangan sembarangan. Tempatkan di area yang terhindar dari sinar matahari langsung dan hujan selama 1 minggu.

Bibit cabe sebelum digunakan direndam dulu dalam air hangat sekitar 3 jam. Kemudian baru disemaikan ke polybag dan ditutup dengan tanah dengan kedalaman sekitar 1 cm. Biarkan sekitar 4 minggu sampai benih tersebut berkecambah.

3. Siapkan Media Tanam

Sediakan polybag yang lebih besar atau pot, tanah, arang sekam, pupuk kandang, air, GDM Granule SAME dan GDM Black BOS. Tanah yang digunakan untuk media tanam adalah yang bertekstur halus dan tidak terlalu basah ataupun terlalu kering. Cara menanam cabe dalam polybag agar batangnya kuat dengan menggunakan pot ukuran lebih dari 30 cm. Sesuaikan pilihan polybag dengan ukuran cabe yang diharapkan.

4. Pemindahan Bibit

Keluarkan bibit siap tanam dengan bantuan bambu panjang ukuran sedang. Secara perlahan dikeluarkan tanaman cabe yang akan disemai ke polybag besar. Bagian akar harus tertanam dalam tanah dengan baik. Pemindahan bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari. Terakhir tanah ditekan dengan hati-hati sampai menancap dengan baik.

Setelah dipindahkan, di hari ke-20 hilangkan tunas kecil yang muncul di sekitar ketiak daun. Tujuannya agar terbentuk cabang yang nantinya tanaman tumbuh lebih kuat. Ini adalah cara menanam cabe dalam polybag agar cabe tidak tumbuh ke samping selama batang belum terlalu kuat menopang.

5. Perawatan

Cara menanam cabe dalam polybag agar subur adalah melalui perawatan yang baik dan benar. Selalu siram cabe secukupnya terutama di musim kemarau di pagi dan sore hari. Hindari menyiram di siang hari atau malam hari agar tanaman cabe tidak layu. Air yang diberi jangan berlebihan supaya akar tanaman tidak busuk.

Memberikan pupuk tidak boleh sembarangan karena jika mengalami overdosis membuat tanaman cepat mati. Pupuk cair diberikan menggunakan semprotan dan pupuk padat menggunakan sendok. Lindungi tanaman cabe dari hama dengan pestisida alami yang dibuat dari bahan makanan. Boleh menggunakan tomat, pepaya dan daun pepaya.

Itulah tata cara menanam cabe dalam polybag, mudah untuk dilakukan bukan? Bahan yang diperlukan tidak banyak dan cara penanaman terbilang sederhana. Hampir semua rumah, apapun ukuran lahan yang dimiliki, bisa memiliki pohon cabe di rumahnya. Miliki bibitnya, kumpulkan alatnya lalu mulailah menanam.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi semua kalangan.

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *