Cara Menanam Tomat Dalam Polybag yang Baik Agar Hasil Panen Memuaskan

Spread the love

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dibudidayakan karena manfaatnya yang luar biasa untuk kesehatan. Mulai dari petani kebun hingga ibu rumah tangga, banyak yang berlomba-lomba untuk mencari cara menanam tomat dalam polybag untuk menghasilkan panen tomat yang berkualitas.

Meskipun sering di salah artikan sebagai buah, tetapi tomat terkenal sebagai sayuran yang mampu tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi mulai dari 0 hingga 1500 meter dpl dengan pH tanah sekitar 5,5-7. Selain itu, Anda juga dapat menanam tomat di dalam polybag karena dianggap lebih mudah dan praktis.

Lalu, bagaimana cara menanam tomat dari biji menggunakan polybag? Berikut ini penjelasannya.

Pilih Jenis Tomat yang akan Dibudidayakan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan sebagai cara menanam tomat dalam polybag adalah menentukan jenis tomat yang akan dibudidayakan. Tahukah Anda, keberhasilan tomat yang ditanam ini bergantung pada kualitas lahan, iklim, lokasi, dan ketinggian tempat. Dengan demikian, jika Anda hendak menanam tomat di dataran tinggi maka akan lebih baik memilih jenis tomat berlian, mutiara, atau kada. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan varietas tomat GH4 dan GH2 yang dapat ditanam di dataran tinggi maupun di dataran rendah.

● Pilih Benih

Untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan, maka lakukan cara menanam tomat dalam polybag dengan memilih benih tomat yang berasal dari sumber terpercaya. Memilih benih yang berkualitas juga akan berpengaruh pada kecocokan benih dengan media polybag yang akan digunakan. Anda dapat bertanya kepada penjual benih tentang tomat yang baik untuk ditanam di polybag.

● Menyemai Benih

Cara menanam tomat bagi pemula yang selanjutnya adalah menyemai benih. Proses ini harus dilakukan sebelum melakukan tahap menanam. Proses menyemai benih ini harus dilakukan hingga benih yang awalnya hanya berupa biji berubah menjadi bibit tanaman. Kenapa proses menyemai benih ini penting?

Hal ini karena benih baru yang tumbuh memerlukan perawatan khusus agar dapat tumbuh secara maksimal sesuai dengan harapan Anda. Selain itu, proses ini berguna untuk menguatkan daun dan batang tomat agar dapat bertahan hingga masa panen tiba.

● Menanam Bibit dalam Polybag

Setelah proses menyemai benih selesai, kini saatnya Anda melakukan cara menanam tomat dalam polybag inti yaitu proses penanaman bibit. Proses ini harus diperhatikan dengan baik agar nantinya tidak ada kesalahan yang dapat merusak bibit saat panen. Setelah bibit memiliki sekitar 3 – 4 helai daun hasil penyemaian, siapkan polybag yang yang akan digunakan sebagai media tanam.

Disarankan untuk menggunakan polybag dengan diameter minimal 30 cm, dan jangan lupa untuk melubangi bagian polybag terlebih dulu. Tujuan dari pelobangan ini adalah agar nantinya air siraman tidak menggenang di dalam polybag.

● Perawatan Tomat

Selagi menunggu tomat panen, cara menanam tomat di rumah selanjutnya adalah melakukan perawatan agar hasil yang didapatkan sempurna. Proses perawatan ini tergolong mudah, hanya saja membutuhkan kesabaran yang tinggi karena tomat biasanya tidak mudah terjangkit penyakit yang dapat merusak akar. Anda hanya perlu memastikan tanaman tetap lembab dengan cara:

● Penyiraman. Lakukanlah penyiraman minimal 2 kali dalam satu hari di waktu pagi dan sore, tetapi pastikan untuk tidak menyiram terlalu banyak air untuk menghindari penyakit busuk.

● Penyiangan. Selain penyiraman, Anda juga harus rajin membersihkan tanaman dari gulma dan tanaman liar secara rutin.

● Pemupukan. Lakukan pemupukan setelah satu minggu dengan menggunakan kompos sebanyak satu genggam agar lebih subur.

Nah itulah cara menanam tomat dalam polybag yang baik untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal. Bagaimana menurut Anda?

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *