Cara Menjaga Burung Merpati Agar Memiliki Performa Tinggi! Simak Baik-Baik

Spread the love

Burung merpati merupakan salah satu jenis unggas yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi. Merpati atau yang kerap kita sebut Burung Dara ini juga melambangkan kesetiaan. Kita semua wajib mengetahui bagaimana cara menjaga kestabilan burung merpati agar performanya tetep bagus dan energik.

Memelihara burung merpati sangat diminati banyak kalangan. Saking banyaknya pecinta burung merpati, sering diadakan even atau perlombaan kolong tingkat nasional. Tidak tanggung-tanggung hadiah yang diperebutkan ada mobil,motor,dan juga uang tunai.

Tidak tanggung-tanggung para pecinta burung dara ini rela mengeluarkan gocek demi melakukan cara menjaga kestabilan performa merpati tersebut. Nah tentunya merpati lovers ingin mengetahuinya bukan.

Berikut ini adalah Tips cara menjaga burung merpati agar tetap performa:

1. Segi Pakan

Pakan sangat berpengaruh besar dalam cara menjaga kestabilan burung merpati. Karena pakan adalah sumber utama tenaga bagi burung merpati. Makanan burung ini harus memilki tingkat karbohidrat tinggi.

Memberi pakan yang baik biasanya 3 kali sehari menggunakan beras merah dan jagung Kristal. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Sumber tenaga yang dihasilkan dari beras dan jagung sangat baik untuk performanya.

2. Kebersihan Kandang

Cara menjaga kestabilan perfoma burung merpati selanjutnya yaitu dari segi kebersihan kandangnya. Burung merpati amat sering mengeluarkan kotoran,ini sangat berpengaruh pada kesehatan burung merpati tersebut.

Kotoran burung merpati memiliki bakteri yang sangat berpengaruh besar dalam kesehatannya. Untuk itu harus sering dibersihkan kandang burung tersebut. Membersihkan kandang burung merpati baik dilakukan sehari dua kali yaitu pagi dan sore hari.

Kebersihan kandang burung juga sangat mempengaruhi dalam kenyamananya, apabila kandang selalu bersih maka kesehatan dan kenyamanan burung merpati sangat terjaga.

3. Sering Berlatih Fisik

Berlatih fisik merupakan salah satu cara menjaga kesetabilan performa burung merpati. Burung merpati ini harus sering berlatih terbang, agar kondisi pemompaan organ tubuhnya baik. Latihlah merpati kalian sehari minimal 3 kali sehari.

Baiknya waktu untuk berlatih fisik burung merpati pagi,siang, dan sore hari. Sangat dianjurkan pada siang hari, karena kondisi panas siang hari sangat berpengaruh besar dalam menjaga kesetabilan performa burung. Tenaga yang dikeluarkan saat terbang siang hari lebih besar dibandingkan pagi atau sore hari. Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga performa burung merpati tersebut.

4. Memberikan Vitamin

Memberikan multi vitamin ini sangat dianjurkan karena ini merupakan salah satu cara menjaga stabilitas performa burung merpati. Vitamin ini berpengaruh dalam menjaga kesehatan merpati.

Apalagi dimusim yang sekarang ini, sangat berpengaruh sekali dalam kesehatan burung merpati. Siang hari yang amat panas,dan malam hari yang amat dingin bahkan sampai turun hujan. Cuaca yang tidak menentu ini, tentunya berpengaruh besar dalam kondisi kesehatan burung.

Memberikan kuning telur pada malam hari juga sangat baik untuk menjaga kondisi burung merpati. Lakukan dengan rutin minimal 2 kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan burung merpati kalian.

Itu semua merupakan cara menjaga stabilitas performa burung merpati. tentunya kita semua selalu ingin mejaga dengan baik peliharaan kita yang kita sayangi. Semoga cara ini bermanfaat bagi semua merpati lovers, agar merpati kita menjadi burung yang benar-benar kelas tinggi.

BACA JUGA: PERBEDAAN MERPATI BALAP DAN KOLONG

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *