cara atasi ngantuk

Efektif! Ini 4 Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Spread the love

Kamu sering mengantuk saat puasa? Kantuk adalah hal umum yang sering dirasakan, tapi bagaimana cara mengatasi ngantuk saat puasa itulah yang harus dilakukan. Rasa kantuk saat puasa terjadi pada semua orang karena adanya perubahan pola tidur. Bangun untuk sahur membuat jam tidur berubah.

Mengantuk saat bekerja di kantor tentu menjadi hal yang sangat mengganggu. Konsentrasi untuk bekerja pun semakin berkurang yang bisa menurunkan performa di kantor. Bagi kamu yang sedang bingung mencari cara bagaimana untuk mengatasi kantuk saat puasa, bisa mendapatkannya di sini.

Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa di Kantor

Saat bulan puasa tiba tubuh harus beradaptasi dengan gaya hidup yang berbeda. Tentu di awal-awal kamu akan merasa mudah lelah dan rasa kantuk yang cukup kuat. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa cara mengatasi ngantuk saat kerja di bulan puasa yang bisa kamu lakukan. Beberapa caranya sangat mudah dan hanya perlu rutin dilakukan.

Berikut ini beberapa cara mengatasi ngantuk saat puasa yang bisa kamu ikuti.

1. Melakukan aktivitas fisik

Bagi kamu yang bekerja di lapangan dengan banyak aktivitas fisik tak perlu khawatir akan rasa kantuk melanda saat puasa. Berkat kegiatan fisik seperti berjalan kaki akan menghilangkan ngantuk dengan efektif.

Tapi bagi kamu yang harus duduk seharian di kantor perlu menambahkan aktivitas fisik selama beberapa menit. Kamu bisa senam ringan sambil duduk, bisa juga jalan selama lima menit. Adanya aktivitas fisik baik berjalan kaki atau peregangan ini akan melemaskan otot sehingga mengusir rasa kantuk.

2. Mencari udara segar dan sinar matahari

Cara mengatasi ngantuk di kantor saat puasa adalah dengan keluar ruangan. Jika kamu sudah mulai mengantuk di siang hari, cobalah untuk keluar untuk menghirup udara segar. Jangan lupa carilah sinar matahari yang akan membantu menghilangkan rasa kantuk. Sinar matahari yang mengenai tubuh akan membuat mata jadi segar.

Tubuh juga akan terasa hangat, apalagi jika kamu bekerja di ruangan ber-ac sepanjang hari. Kamu cukup berjemur selama 5 menit untuk menyegarkan tubuh. Sambil berada di luar cobalah untuk menarik nafas panjang dan menghembuskannya. Tujuannya agar oksigen memenuhi tubuh dan menghilangkan pusing.

3. Mengobrol dengan teman

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja di bulan puasa yang cukup mudah dilakukan adalah dengan mengobrol. Jika kamu tidak memiliki waktu untuk keluar ruangan, akan lebih baik untuk berbicara kepada rekan kerja. Tapi ingat juga untuk membahas mengenai topik yang berhubungan dengan pekerjaan dan jangan berlebihan.

Mengobrol akan mengembalikan fokus sehingga rasa kantuk akan menghilang. Kamu bisa membicarakan tentang kesulitan dalam pekerjaan yang dihadapi. Semakin sulit topik yang dibahas maka akan lebih baik untuk mengatur fokus. Cara mengatasi ngantuk saat puasa ini sudah sering dilakukan oleh banyak pekerja kantoran.

4. Tidur siang saat jam istirahat

Jika biasanya kamu menghabiskan jam makan siang untuk makan, kini kamu bisa memanfaatkannya untuk tidur siang sebentar. Tidur selama 30 hingga 40 menitan bisa membantu menghilangkan rasa kantuk. Ketika bangun kamu juga akan lebih fokus kembali dan pasti rasa kantuk menyingkir.

Perlu diingat juga waktu 30 menit sudah cukup dilakukan dan jangan tidur berlebihan. Jika tidur berlebihan justru akan membuat tubuh terasa berat dan pusing. Jadi setel alarm agar tidak tidur terlalu lama dan lewat jam istirahat.

Cukup mudah bukan semua cara mengatasi ngantuk saat puasa ketika kamu bekerja di kantor. Semoga ibadah puasa selama bulan ramadhan nanti berjalan lancar.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *