Hikmah Membaca Sholawat Nabi Dapatkah Membuka Pintu Rejeki? Ini Penjelasanya

Sholawat adalah sebuah bentuk penghormatan untuk mendoakan. Bersholawat kepada Nabi, memiliki maksud mendoakan atau memohon berkah kepada Alloh swt.

Sholawat Nabi adalah doa disertai rahmat yang sempurna secara terus menerus kepada Nabi Muhammad Saw. Sholawat hanya ditujukan kepada Nabi Muhammad saw. sebagai doa untuk keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah.

Sholawat adalah bukti kecintaan kita terhadap baginda Nabi Muhammad saw. Khususnya umat islam membaca sholawat agar mendapat syafa’at baginda Nabi Muhammad saw di dunia maupun akhirat. Rosullulloh SAW bersabda: “Barang siapa membaca satu kali sholawat kepadaku, maka Alloh swt kirimkan 10 kebaikan-kebaikan, ditutupi 10 silap kesalahan, dan dinaikan 10 derajat tingkatan kemuliaan”.

Berikut ini adalah macam-macam bacaan sholawat Nabi:

“Allohumma sholli ‘ala sayyidinna Muhammad wa’ala ali sayyidina Muhammad”

Sholawat Tibbil Qulub atau sholawat syifa:

“Allohumma sholli ‘ala sayyidina muhammadin tibbil qulubi wadawa iha
Wa’afiyatil abdani wasyifa iha wanuril abshori wadiya iha
Wa’ala alihi washohbisi wabarik wasallim”

Artinya: Ya Alloh curahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, sebagai obat hati dan penyembuhnya, penyehat badan dan kesembuhanya dan sebagai penyinar penglihatan mata beserta cahayanya. Semoga sholawat dan salam tercurahkan pula kepada keluarga serta para sahabat-sahabatnya.”

Berikut ini adalah hikmah membaca sholawat Nabi:

1. Mendapat Syafa’at

Hikmah membaca sholawat yang pertama adalah mendapat syafaat kelak di akhirat. Syafaat adalah usaha perantaraan dalam memberikan suatu manfaat bagi orang lain atau mengelakkan suatu bahaya bagi orang lain menurut bahasa arab.

Dari Abdullah ibnu Mas’ud bahwa Rasullulloh SAW bersabda: “Orang yang paling berhak mendapat syafaatku kelak di hari kiamat adalah orang yang paling banyak membaca sholawat untukku.”

2. Penghancur dan Penghappus Dosa

Hikmah membaca sholawat selanjutnya adalah dapat menghapus dosa-dosa yang pernah kita perbuat. Dengan sering kita membaca sholawat kepada baginda rosul insya alloh kita dapat dihapus khilap salah kita baik yang disengaja maupun yang tidak.

Nabi SAW bersabda : “Barang siapa bersholawat kepadaku di setiap hari jumat sebanyak 40 kali, maka Alloh swt menghapus semua dosa-dosanya”

3. Mendapat Keutamaan

Hikmah membaca sholawat yang selanjutnya adalah mendapat keutamaaan. Keutamaan yang dimaksud adalah adalah diangkat derajat kita dimata Alloh SWT. Bukan berdasarkan pangkat kita atau profesi kita, melainkan dari segi ketaqwaan kita kepada Alloh SWT.

Semakin kita memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad saw, kita tergolong sebagai umat yang mulia dimata Alloh swt.

Nabi Saw bersabda: “Sesungguhnya orang yang lebih utama bersamaku di hari kiamat adalah orang yang paling banyak bersholawat kepadaku”.

4.Hajatnya Dikabulkan

Bersholawat kepada baginda nabi Muhammad Saw dapat memenuhi hajat yang kita inginkan. Banyak orang zaman sekarang yang diuji melalui rizkinya berkurang, namun tidak mengetahui bahwasanya dengan membaca sholawat rizki kita akan dipermudah, malah dengan berlari ketempat-tempat yang tidak diridhoi Alloh SWT seperti ke paranormal, dukun dan sebagainya. Naudzubillah.

Hanya dengan membaca sholawat kepada baginda Nabi rizki kita akan mengalir. Seperti sabda Nabi SAW: “Barang siapa sholawat seratus kali dalam sehari, maka Alloh SWT menunaikan seratus hajatnya. Tujuh puluh untuk hajat akheratnya dan tiga puluh untuk hajat dunianya.”

Itulah sedikit penjelasan tentang Hikmah membaca sholawat kepada Nabi Muhammad Saw. Semoga Alloh Swt senantiasa memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Dengan sering kita membaca sholawat kepada baginda Nabi semoga kita selalu mendapatkan syafa’atnya beliau dan juga kita dijauhkan dari mara bahaya. Selalu perbaiki diri kita dengan bersholawat dan selalu beristighfar kepada Alloh SWT, insya alloh kita termasuk golongan orang-orang yang beruntung di dunia dan juga di akherat. Amin ya robbal ‘Alamin.

 

 

Share It:
Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *