desain plafon minimalis

IDE DESAIN PLAFON MINIMALIS INI PERLU KALIAN TIRU!

Spread the love

Memiliki Rumah memang salah satu impian bagi semua keluarga. Tidak hanya ingin memilikinya saja,tetapi mempercantik dan memperindah rumah memang sangat diperlukan,agar menciptakan nuansa rumah yang nyaman,enak dan indah dipandang dan yang pasti bikin betah dirumah.

Dari tahun ke tahun ide para desainer terus berkembang dari yang biasa sampai yang luar biasa. Mereka terus berfikir bagaimana menciptakan desain rumah yang sangat elegan untuk dipandang. Tidak hanya itu saja bahan-bahan pembuatanya pun semakin berkembang dari yang tadinya berat sampai sangat ringan.

Jarak ketinggian plafon juga sangat mempengaruhi loh gaes,tidak bisa terlalu tinggi dan juga terlalu rendah. Dikarenakan tinggi ruang sangat mempengaruhi sirkulasi udara di dalam ruang. Pada umumnya untuk tinggi ruang mayoritas 3 sampai 3,5 meter dari dasar lantai. Maka benar-benar diperlukan desain yang sangat cocok dan pas untuk ruang rumah anda.

Nah tahukan kalian bahan-bahan dasar untuk membuat plafon minimalis

1. Triplek

Triplek atau papan kayu merupakan salah satu bahan utama untuk membuat model plafon. Triplek sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda ketebalanya ada yang 3 mm bahkan sampai 18 mm,namun kebanyakan para tukang atau desainer menggunakan yang 3,4 dan 6 mm dengan panjang lebar antara 122 cm x 244 cm. Dikarenakan agar tidak terlalu berat.

Dinding langit rumah menggunakan triplek sangat mudan dan cepat dikerjakan,harganya pun lebih murah,namun segi kualitasnya pun cepat rusak bila terkena air dan bahan triplek juga mudah terbakar.

2. GRC board atau Serat Fibersemen

GRC board atau serat fibersemen sama seperti triplek sebagai bahan dasar pembuat plafon. Bahan ini saat ini sangat cocok digunakan untuk membuat plafon,karena ringan juga sangat baik kualitasnya harganya pun lebih murah dari triplek. GRC board ini memiliki ukuran ada yang 60 cm x 120 cm dan ada juga 122 cm x 244 cm maka dari itu kini masyarakat banyak yang beralih ke bahan satu ini.

3. Kaso atau Balok kayu

Kaso adalah sebuah kayu balok panjang yang digunakan sebagai rangka pembuat dinding langit rumah. Kaso juga memiliki panjang yang berbeda-beda,ada yang 3m,4m,dan juga ada yang 6m tergantung kebutuhan.

Kaso memang sangat berperan penting dalam pembuatan plafon,karena sebagai tempat diletakanya triplek atau serat fibersemen. Kaso juga terbuat dari berbagai jenis pohon,ada yang dari kayu mirah,kayu kelapa,dan lain-lain.

Pemilihan kayu ini sangat penting karena berpengaruh pada ketahanan dan kualitas sebuah plafon. Namun demikian pemilihan kayu kaso ini tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat.

Namun pada saat ini kaso memang sudah bisa diganti dengan menggunakan baja ringan atau besi holo yang tidak tanggung-tanggung kualitasnya sangat bagus,akan tetapi kalau menggunakan baja ringan atau besi holo membutuhkan biaya yang cukup banyak juga.

4. Gipsum

Gipsum hampir sama dengan grc namun biasanya baik digunakan pada rumah yang memiliki atap yang terbuat dari beton. Gipsum sendiri terbuat dari bahan dasar semen yang sudah dicampur. Proses pemasanganya pun hampir sama dengan grc dengan menggunakan skrup. Hanya saja gipsum bisa dipasang selain dengan skrup juga bisa menggunakan compound.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *