ciri rumah gaya minimalis

Ini Ciri Rumah Minimalis yang Sebenarnya, Sempit Tak Jadi Masalah

Spread the love

Sedang trendi menjadi alasan banyaknya orang yang akhirnya penasaran dengan ciri rumah minimalis. Tidak bisa dimungkiri, rumah dengan desain minimalis tersebut memang semakin digemari banyak orang dalam beberapa tahun belakangan ini. Meski demikian, tentu ada karakteristik dan bentuk khusus sehingga rumah dapat dikatakan bergaya minimalis.

Inilah Ciri Rumah Minimalis yang Sebenarnya

Jika saat ini Anda sedang ingin membangun rumah gaya minimalis, maka pastikan desainnya memenuhi ciri-ciri berikut:

1. Terdiri Dari Ruangan yang Terbuka

Ciri rumah minimalis yang pertama adalah memiliki ruang terbuka. Dikarenakan ukuran areanya tidak begitu besar, maka tidak begitu banyak pula ruangan yang tersedia. Hanya ada ruangan terbuka yang nantinya akan menghubungkan ke seluruh bagian rumah. Oleh karena itu, desain rumah minimalis umumnya memang sangat sederhana karena yang paling diutamakan adalah fungsi dari suatu ruangan.

2. Tidak banyak Sekat Ruangan

Minimnya pembatas ruangan menjadi ciri interior rumah minimalis yang berikutnya. Ruangan-ruangan yang terdapat dalam rumah minimalis umumnya tidak dibatasi dengan sebuah dinding pembatas. Misalnya, antara ruang keluarga, ruang tamu, dan ruang makan semuanya terlihat menyatu. Sekat hanya dipasang pada ruangan tertentu yang sifatnya pribadi seperti kamar tidur.

3. Didominasi Warna Monokrom

Warna putih, abu-abu, dan hitam merupakan paduan warna yang paling sering digunakan dalam rumah minimalis. Selain memiliki filosofi sederhana, ketiga warna tersebut juga memiliki kesan bersih. Pemilihan warna monokrom itu biasanya diterapkan pada lantai, dinding, dekorasi, hingga perabotan. Meski demikian, Anda juga bisa menambahkan warna lain yang sekiranya masih cocok dengan ketiga warna tersebut.

4. Dekorasi Sederhana

Ciri rumah minimalis modern yang berikutnya adalah tidak memiliki begitu banyak dekorasi yang terbilang rumit. Oleh karena itu, pemilihan perabotan pada rumah minimalis pun cenderung sederhana. Semua perlengkapan yang terpajang pada rumah minimalis merupakan barang-barang yang memang sudah jelas fungsinya. Dalam hal ini, bukan hanya sekadar aksesori tambahan untuk memenuhi ruangan.

5. Menggunakan Material Tertentu

Didominasi oleh material beton dan kaca merupakan ciri rumah minimalis. Khusus material kaca umumnya digunakan sebagai dinding. Sementara itu, material beton yang dimaksud berupa papan kayu yang memiliki tekstur yang eye catching. Penggunaan material tersebut bukan tanpa alasan karena kedua bahan itu memang memiliki filosofi sederhana yang sejalan dengan prinsip minimalisme.

6. Ruangan yang Dipenuhi Cahaya

Dikarenakan rumah minimalis memang terdiri dari ruangan yang terbuka, maka secara otomatis ruangan pun akan dipenuhi dengan cahaya. Penerangan dari cahaya tersebut akan masuk ke dalam rumah dan langsung dapat memenuhi seluruh ruangan. Dikarenakan cahaya yang masuk bersifat natural dan alami, maka ruangan pun akan terasa nyaman dan hangat.

Demikian sejumlah ciri rumah minimalis. Semoga bermanfaat khususnya bagi Anda yang sedang tertarik membangun rumah dengan gaya desain yang sederhana.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *