8 manfaat puasa

Inilah 8 Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan Tubuh

Spread the love

Puasa menjadi salah satu ritual ibadah umat muslim yang dilakukan ketika memasuki bulan Ramadhan. Menjalankan puasa, berarti Anda harus menahan lapar, emosi, serta tidak melakukan perilaku yang negatif. Namun dibalik kegiatan menahan diri ini, ternyata ada begitu banyak manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan.

Ya, ada begitu banyak manfaat puasa yang sudah terbukti oleh medis. Bagi Anda yang belum terbiasa, kegiatan keagamaan ini mungkin terasa sulit di awal. Namun kembali lagi. Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat muslim, sekaligus Anda bisa merasakan manfaat puasa bagi kesehatan jasmani dan rohani.

Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan

Di balik kegiatan berpuasa, ternyata ada begitu banyak manfaat puasa bagi kesehatan menurut para ahli.

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut para ahli, kegiatan puasa bisa merangsang pelepasan BDNF atau Brain Derived Neurothropic Factor pada otak. Fungsinya ialah membantu tubuh dalam meningkatkan fungsi maupun produksi sel di otak. Fungsi lainnya ialah mampu menurunkan resiko depresi.

2. Lebih Awet Muda

Setiap orang, tentu ingin memiliki fisik yang awet muda. Berpuasa bisa jadi cara tepat, lantaran tubuh akan mengurangi proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh. Proses metabolisme yang menurun inilah yang bisa menjadi faktor penghambat penuaan dini. Selain itu, puasa juga mengurangi radikal bebas dan menaikkan antioksidan yang menjadikan tubuh lebih awet muda.

3. Menstabilkan Gula Darah

Menjaga pola makan tetap baik selama berpuasa, mampu menstabilkan gula darah. Ini adalah salah satu manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan yang kini cukup dikenal. Secara tidak langsung, Anda akan lebih terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh naiknya kadar gula darah ini. Misalnya saja seperti risiko penyakit jantung dan juga diabetes.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Di dalam tubuh terdapat jenis kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat LDL. Tingginya kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa berpotensi meningkatkan berbagai komplikasi. Seperti halnya serangan jantung dan juga risiko stroke. Namun dengan berpuasa, maka kolesterol dalam tubuh bisa lebih terhambat.

5. Mengurangi Lemak

Manfaat puasa di bulan Ramadhan selanjutnya, ialah mampu membantu mengurangi lemak tubuh. Karena tubuh dengan lemak berlebih, tentu saja tidak baik. Ada banyak komplikasi yang berpotensi menyerang, seperti halnya obesitas, tekanan darah tinggi, stroke, dan faktor risiko lain.

6. Metode Detoks

Kemenkes RI telah menyatakan bila berpuasa bisa mendorong tubuh mengalami proses detoksifikasi. Manfaat dari detox ini adalah membuang racun atau zat buruk ada di dalam tubuh. Sehingga zat sisa atau racun yang tidak berguna ini tidak menyebabkan penumpukan.

7. Mengurangi Peradangan

Ketika tubuh mengalami infeksi, sistem imun akan melawan dan menimbulkan reaksi berupa peradangan. Tetapi pada kasus yang parah, peradangan justru menjadi faktor munculnya penyakit lain. Melakukan puasa Ramadhan bisa menurunkan risiko peradangan yang mungkin saja terjadi.

8. Meningkatkan Kesehatan Mental

Ketika seseorang tengah berpuasa, maka tubuh akan meningkatkan produksi endorphin. Hormon ini bisa memunculkan rasa bahagia, mood, serta mengurangi depresi dan juga gangguan kecemasan. Efek seperti ini seringkali dirasakan sesudah 3 – 4 hari Anda berpuasa.

Kegiatan puasa juga berarti menerapkan pola hidup yang lebih sehat dalam banyak hal. Jadi Anda bisa sekaligus merasakan nikmatnya beribadah dan menjadikan tubuh lebih sehat. Tentu saja, manfaat puasa Ramadhan bagi kesehatan ini sudah tidak diragukan bukan?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *