INILAH RESEP RAHASIA SUKSES PENGUSAHA WEDANG JAHE MERAH ANGKRINGAN! BOLEH COBA BUAT MODAL USAHA MANDIRI

Angkringan adalah salah satu bentuk usaha yang sangat familiar dan booming saat ini. Hampir disetiap daerah terdapat jenis usaha angkringan. Berciri khas minuman jahe merah hangat yang sangat baik untuk kesehatan badan kita, dan sajian berbagai makanan seperti gorengan, ayam bacem, serta gerobak coklat yang dikelilingi tenda biru.

Merupakan salah satu tempat yang paling diminati bagi semua kalangan untuk bersantai, khususnya anak muda.
Usaha jenis ini sangat diminati karena tidak terlalu banyak modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini. Sangat terjangkau pastinya untuk berbisnis usaha ini. Pendapatanya pun bukan kaleng-kaleng gaes, bisa mencapai 1jt dalam sehari bahkan lebih menarik bukan.

Namun, tahukah anda apa saja bahan membuat wedang jahe merah yang harus anda siapkan? Lalu bagaimana cara menciptakan rasa wedang jahe yang aromatik.

Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat wedang jahe yang harus anda persiapkan terlebih dahulu:

1. Jahe Merah.
2. Jahe Emprit.
3. Kayu Manis.
4. Sereh Wulung.
5. Gula Merah.
6. Gula Pasir.
7. Cengkeh.

Berikut ini adalah cara membuat wedang jahe dengan rasa yang aromatik:

1. Bersihkan Bahan Dasar

Setelah bahan komplit terkumpul cara yang harus anda lakukan pertama kali adalah membersihkan bahan-bahan tersebut. Yang paling utama adalah jahe, karena terkadang jahe yang sudah kita beli dari penjual terkadang masih banyak tanah yang menempel.

Apalagi sebuah sajian minuman harus benar-benar bersih agak tidak membawa bakteri saat kita konsumsi. Untuk itu membersihkan bahan dasar membuat wedang jahe amat sangat dianjurkan karena kebersihan sangat berpengaruh pada rasa yang dihasilkan.

2. Membakar Jahe Merah/Emprit

Setelah bahan dasar bersih, proses selanjutnya adalah membakar jahe. Tidak semua pengusaha angkringan membuat wedang jahe dengan cara sedikit dibakar terlebih dahulu, ada yang sebagian berpendapat kalau dibakar akan mengurangi aroma jahenya.

Namun saya pribadi lebih memilih dengan cara sedikit membakar jahe terlebih dahulu, mengapa? Karena menurut saya pribadi membakar jahe terlebih dahulu, untuk mengurangi aroma mentah pada jehe.

Proses ini tidak terlalu lama dan diusahakan jangan terlalu gosong sedang saja hanya bertujuan mengurangi rasa mentah pada jahe. Kalau sampai gosong berpengaruh besar pada rasa dan tekstur warna yang dihasilkan. Kemudian haluskan jahe bisa dengan cara di bebek manual atau digiling dengan mesin penggiling.

3. Takaran Resep

Takaran resep adalah ukuran atau komposisi yang dibutuhkan dalam suatu resep. Takaran resep adalah modal utama sebuah rasa wedang jahe yang dihasilkan. Enak tidaknya sejian minuman iya di proses ini. Butuh pertimbangan dan takaran yang pas agar menciptakan wedang jahe dengan rasa yang aromatik, dan sesuai dengan yang diinginkan.

Takaran untuk menciptakan 5 liter wedang jahe dengan rasa yang aromatik biasanya membutuhkan kurang lebih 1 kg jahe yang dihaluskan, 1 siung sereh, 2 kayu manis, gula merah, gula pasir, serta cengkeh secukupnya.

4. Proses Penggodogkan/Perebusan

Penggodogkan adalah proses pemanasan air. Merupakan proses terakhir untuk membuat wedang jahe. Setelah semua bahan tercampur menjadi satu masukan dalam panci yang sudah dikasih air. Penggodogkan dibutuhkan waktu yang cukup lama tergantung banyak sedikitnya air yang kita rebus.

Aduk terus menerus bahan yang sedang direbus agar tercampur sempurna rasa yang dihasilkan. Tunggu sampai benar-benar mendidih, setelah selesai tutup air rebusan yang sudah mendidih kurang lebih 1 jam, agar tercipta warna tekstur wedang jahe yang sempurna.

Itulah sedikit penjelasan cara menciptakan rasa wedang jahe aromatik, karena rasa mempengaruhi segalanya. Dikaji dan dibutuhkan ketekunan,serta ketelitian dalam membuat wedang jahe agar menciptakan rasa dan aroma jahe yang pas dan nikmat.

 

 

 

Share It:
Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *