Jangan Dibuang Dulu, Kamu Bisa Bikin Handycraft dari Barang Bekas Ini

Barang bekas biasanya langsung dibuang saja ya kan? Bahkan mungkin dijual dengan harga yang sangat murah. Padahal barang bekas itu seringkali dicari banyak orang untuk dijadikan handycraft. Ketika sudah disulap jadi kerajinan, yang tadinya barang bekas layak dibuang itu bisa bernilai tinggi dan bisa dijual loh. Jadi kalau kamu punya barang bekas yang tidak bisa dipakai lagi jangan dibuang yah, dengan ide-ide kreatif ini kamu bisa bikin handycraft dari barang bekas.

Siapa kira barang yang tadinya mau kamu buang, bisa disulap jadi souvenir dari barang bekas di tangan orang-orang kreatif. Dengan membuat handycraft dari barang bekas kamu bisa mengisi waktu luang kamu di rumah. Selain itu secara tidak langsung kamu berpartisipasi mengurangi penumpukan sampah plastik.

Handycraft dari Barang Bekas

Tidak perlu membuat yang rumit, ide kreatif barang bekas sederhana ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan juga bahannya sangat mudah didapatkan.

1. Vas Bunga dari Botol Kaca Bekas

handycraf dari botol bekas
Sumber : https://www.dekoruma.com

Daripada membuang botol bekas minuman, mending kamu membuatnya menjadi vas bunga yang cantik. Cukup mencuci botol sampai bersih, kemudian terapkan teknik mengecat yang kreatif. Kamu bisa menempelkan selotip di beberapa bagian lalu cat di bagian yang tidak terkena selotip. Setelah catnya mengering lepas selotip yang ditempel tadi. Bentuknya yang unik bisa jadi pajangan yang mewah di ruang tamu rumah kamu.

2. Lampu dari Sendok Plastik

handycraf dari sendok plastik bekas
Sumber : https://www.liputan6.com

Bingung mau apain sendok plastik yang menumpuk di rumah? Jangan dibuang dulu ya guys, kamu bisa memadu padankan dengan kerajinan dari botol bekas sehingga menjadi lampu yang dijamin artsy. Caranya ambil sebuah botol plastik bekas lalu potong bagian bawahnya. Setelah itu potong gagang sendok plastik, sisain bagian cekungnya. Tempelkan lidah sendok tadi ke dinding botol secara terbalik. Terakhir pasang lampu ke dalam botol, jadi deh.

3. Lampu Hias dari Botol Bekas

handycraf lampion dari botol bekas
Sumber : https://www.dictio.id

Lampu hias di pasaran terlalu mahal? Tenang, kamu bisa membuat lampu hias sendiri dengan botol bekas. Caranya potong bagian belakang botol, lalu susun sampai menjadi seperti bentuk bunga. Tempelkan satu demi satu bagian belakang botol tadi, lalu masukkan lampu ke bagian dalamnya.

4. Vas dari Bohlam

handycraf dari bohlam
Sumber : https://glints.com

Biasanya kalau ada bohlam yang rusak pasti dibuang kan? Jangan yah karena kamu bisa mengubahnya menjadi vas bunga yang unik. Kamu bisa memajangnya di ruang tamu atau di kamar, dijamin bikin ruangan kamu jadi lebih estetik.

5. Tempat Sendok dari Kaleng Bekas

tempat sendok dari kaleng bekas
Sumber : https://glints.com

Barang yang dinilai tak berharga ini seringkali dibuang begitu saja. Justru di tangan orang kreatif kaleng bekas seperti bekas tempat susu ini bisa disulap menjadi tempat sendok. Cara membuat handycraft dari barang bekas ini juga sangat mudah, kamu hanya perlu melepas bagian atasnya dan menempelkan kertas warna-warni di dinding kaleng. Kaleng bekas yang tadinya hampir kamu buang bisa jadi tempat sendok atau tempat pensil.

6. Keset dari Kaos yang Tak Terpakai

handycraf dari potongan kain
Sumber : https://glints.com

Kaos yang tidak dapat digunakan lagi biasanya hanya menumpuk di lemari, padahal kamu bisa jadikan bahan untuk membuat keset. Caranya potong-potong menjadi kecil kain kaos tersebut lalu jahit satu persatu hingga menjadi seperti bentuk keset seperti pada gambar.

Bagaimana, tidak sulit kan membuat kerajinan dari barang bekas yang bermanfaat? Jadi mulai sekarang setiap ada barang bekas di rumah, jangan kamu buang siapa tau barang bekas tersebut bisa dibuat menjadi barang yang berharga. Sekian cara membuat handycraft dari barang bekas, semoga bermanfaat ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *