Kegiatan Peringatan Maulid Nabi Besar MUHAMMAD SAW 2021 Yang Sudah Sangat Dinantikan?

Spread the love

Peringatan maulid Nabi Besar Muhammad Saw memang sudah sangat dirindukan bagi umat islam. Hampir 2 tahun belakangan ini sangat sulit diadakan akibat virus covid-19 yang melanda negeri ini. Maulid Nabi Besar Muhammad Saw tahun ini insya Alloh jatuh pada tanggal 18-19 Oktober 2021.

Arti dari maulid nabi itu sendiri adalah peringatan hari lahir baginda Nabi Muhammad saw. Dimana di negara kita selalu diperingati pada setiap tanggal 12 Robi’ul Awal pada kalender Hijriyah. Mengapa kita harus memperingatinya? Karena sebagai umat islam beliau adalah panutan dan suri tauladan yang wajib kita contoh.

Maulid Nabi ini merupakan ekspresi kegembiraan seluruh umat islam di dunia dan merupakan suatu penghormatan dan kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw. Lalu dengan cara apa kita memperingatinya?

Berikut ini adalah kegiatan pada peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw:

1. Pengajian

Pengajian merupakan salah satu tradisi keagamaan umat muslim di Indonesia. Dalam bahasa Arab disebut At-ta’limu yang berasal dari kata ta’allama yata’allamu yang artinya belajar. Dapat diartikan pengajian adalah suatu ibadah dalam belajar ilmu agama bersama seseorang yang Alim atau orang yang berilmu.

Pengajian merupakan ladang ibadah terbesar bagi setiap muslim karena memiliki manfaat yang begitu besar. Disamping kita mendapat pahala, pengajian juga dapat mengubah diri dan memperbaiki diri dari perbuatan keji nahi mungkar.

Disisi lain pengajian juga memliki nilai untuk menjalin silaturahmi sesama umat muslim. Menciptakan kerukunan dan kedamaian umat, inilah mengapa kegiatan ini sangat dirindukan oleh umat muslim di dunia.

2. Membaca Sholawat Nabi

Sholawat atau salawat merupakan bentuk penghormatan, kecintaan, serta mendoakan kepada beliau baginda nabi besar Muhammad Saw. Membaca sholawat merupakan bentuk ibadah kepada Alloh SWT dan memiliki keistimewaan bagi umat muslim yang mengamalkanya.

Dalam (Al-Qur’an Surat Al-Azhab ; 56) yang memilki arti “ Sesungguhnya Alloh dan Malaikat-malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya.”

Kita sebagai mahluk ciptaan alloh SWT tentunya merasa malu kalau tidak mengamalkanya, Alloh SWT saja yang menciptakan kita bersholawat kepada Nabi, kita sebagai ciptaanya masa enggak.

Membaca sholawat juga dapat dijadikan sebagai penyejuk hati. Apabila kita sedang merasa galau, gundah, gelisah dalam menjalankan hidup, kita bersholawat insya alloh dapat mengontrol diri kita dari perbuatan keji dan nahi mungkar.

3. Membaca Al-Qur’an

Al-Qur’an merupakan kitab atau pedoman hidup bagi umat islam di dunia. Seluruh aspek-aspek kehidupan dunia sudah tertata dalam Al-Qur’an, ini mengapa kita wajib mempelajarinya.

Membaca Al-Qur’an juga memiliki banyak keutamaan diantaranya:
• Al-Qur’an akan menjadi syafaat atau penolong dihari kiamat untuk para pembacanya
• Barang siapa mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an,dialah sebaik-baik manusia
• Bagi orang-orang yang mahir membaca Al-Qu’an, maka kelak ia akan bersama para Malaikat-Nya
• Membaca Al-Qur’an dapat meningkatkan derajat kita dimata Alloh SWT
• Dan orang-orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala

Maha suci alloh SWT, inilah sedikit artikel untuk mengingatkan diri saya pribadi, dan umumnya bagi yang membaca ini. Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang beriman kepada Alloh swt.

Semoga ditahun ini kita dapat melaksanakan kegiatan pringatan maulid Nabi Muhammad Saw. Agar kita senantiasa dilindungi dan dirahmati Alloh SWT, dan juga semoga kita selalu mendapat syafaat Nabi kelak di akhirat. Amin ya robbal ‘alamin

 

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *