Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Aplikasi Meeting Online

Spread the love

Pandemi yang masih berlangsung sejak tahun 2020 lalu, hingga kini belum menemukan titik terang kapan akan berakhir. Sejak diberlakukannya lockdown hampir di seluruh dunia, semua kegiatan beralih media menjadi daring atau online. banyak kalangan yang berlomba-lomba mengunduh aplikasi meeting online sebagai media untuk berinteraksi dengan pengguna lain.

Aplikasi meet online ini dapat digunakan untuk melakukan kelas daring, webinar, atau sekedar ngobrol bersama teman. Sejak penggunaannya yang ramai akhir-akhir ini, aplikasi webinar dinilai mampu mendatangkan manfaat sekaligus dampak negatif untuk pengguna.

Nah, daripada penasaran apa saja kelebihan dan kekurangan aplikasi meeting online, alangkah baiknya Anda menyimak berbagai informasi yang akan kami ulas pada kesempatan kali ini. Check this out!

Kelebihan Meeting Menggunakan Aplikasi Meeting Online

Aplikasi meeting online dinilai mampu memudahkan manusia dalam melakukan berbagai kegiatan seperti meeting dengan partner kerja, melakukan kelas daring, hingga ngobrol bareng kerabat jauh. Untuk mengetahui manfaat menggunakan aplikasi meeting online secara lengkap, berikut ini informasinya.

1. Menghemat Biaya

Kelebihan pertama yang dapat Anda rasakan saat memanfaatkan aplikasi conference online adalah menghemat biaya. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya ongkos untuk bertemu dengan rekan kerja atau kerabat lainnya. Sebaliknya, Anda harus menyiapkan paket data untuk mengakses internet yang dibandrol dengan harga murah meriah.

2. Mudah Diakses

Kelebihan menggunakan aplikasi meeting online yang selanjutnya adalah adanya kemudahan dalam mengaksesnya. Anda dapat mengunduh aplikasi meet online secara gratis baik itu untuk di komputer atau di smartphone agar lebih mudah.

3. Kapasitas Besar

Tahukah Anda manfaat aplikasi zoom dalam pembelajaran yang paling dirasakan manfaatnya oleh pengguna adalah kapasitas ruangannya yang besar. Anda dapat mengundang orang lain hingga 1.000 orang untuk masuk ke meeting yang Anda buat. Inilah kenapa meeting online lebih efektif dibandingkan dengan meeting secara luring.

4. Fitur Beragam

Aplikasi meeting online sudah dirancang memiliki berbagai fitur menarik yang dapat membantu Anda ketika melakukan meeting. Beberapa fitur tersebut adalah fitur untuk mengatur kecerahan kamera, fitur pengganti layar belakang, fitur mematikan mic dan kamera, hingga fitur efek yang dapat Anda gunakan kapan saja. Menarik bukan?
Kekurangan Meeting Menggunakan Aplikasi Meeting Online

Nah selain keempat kelebihan menggunakan aplikasi meeting daring yang sudah kami bahas di atas, ternyata masih ada kekurangan web conference yang terasa dampaknya bagi pengguna. Penasaran apa saja kekurangannya?

1. Boros Kuota

Meskipun meeting secara daring tidak memerlukan biaya tambahan untuk ongkos, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa Anda membutuhkan paket data yang lebih besar untuk mengaksesnya. Anda jadi lebih boros dalam pengeluaran untuk membeli paket data internet. Namun, hal ini dapat diatasi dengan menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah agar lebih hemat.

2. Koneksi Rentan Terganggu

Jika ingin mendapatkan sensasi meeting tanpa halangan jaringan, maka Anda harus memiliki akses internet yang baik. Beda halnya jika Anda memiliki kualitas internet yang buruk, maka akan rentan mengalami gangguan. Salah satu dampak yang paling menjengkelkan adalah Anda akan sering keluar masuk ruangan meeting karena jaringan yang terganggu.

Nah itulah beberapa kekurangan dalam penggunaan aplikasi meeting daring. Setelah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan aplikasi meeting online, bagaimana menurut Anda? Meskipun terdapat kekurangan dalam penggunaannya, tetapi hal-hal tersebut dapat Anda atasi dengan mudah. Di masa pandemi seperti sekarang ini tidak ada salahnya untuk beralih media menjadi serba digital untuk menekan angka penyebaran.

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *