Kreatif! Kerajinan Dari Bonggol Bambu Ini Diubah Menjadi Barang Yang Unik Dan Menghasilkan Cuan, Apa Saja Yuk Intip

Bonggol Bambu adalah bagian dari tumbuhan bambu yang berada di dalam tanah dan berfungsi sebagai penyimpan zat-zat yang dibutuhkan oleh tumbuhan bambu.

Umumnya bonggol bambu hanya sebagai limbah saja atau dijadikan bahan kayu bakar, padahal di balik itu semua dapat dijadikan suatu kerajinan unik yang dapat menghasilkan uang banyak. Bahkan kerajinan yang dibuat dari bonggol bambu ini dapat dilirik dan diminati sampai manca negara, karena dari bentuknya yang unik dan hasil kreasinya yang bagus luar biasa.

Bonggol bambu memiliki bentuk beraneka ragam ada yang lurus, melengkung, dan bermacam-macam. Dari bentuk keunikan bonggol ini dapat dimanfaatkan oleh banyak pengrajin-pengrajin, sehingga menciptakan berbagai bentuk kreasi unik yang diciptakan dari imajinasinya.

Kerajinan dari bonggol bambu ini beraneka ragam dan berbagai macam bentuk seperti, bebek, wajah manusia, bentuk manusia, burung, ular, dan masih banyak lagi hasil bentuk dari bonggol bambu tersebut.

Lalu bagaimana cara membuat hasil kerajinan dari bonggol bambu tersebut, pastinya kita bertanya-tanya, dan alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat kerajinan tersebut.

Cara membuat kerajinan dari bonggol bambu umumnya manual atau hanya menggunakan kelihaian tangan saja dengan cara dipahat. Perlahan diukir dengan pahat sesuai dengan pola yang sudah kita gambar atau kita inginkan.

Alat yang digunakan dalam sebuah pembuatan karajinan bonggol bambu adalah gergaji, pahat, palu, amplas dan lain sebagainya.

Adapun langkah-langkah dalam teknik pembuatan kerajinan dari bonggol bambu sebagai berikut:

1. Teknik Pemotongan

Teknik pemotongan merupakan langkah pertama dari pembuatan sebuah kerajinan bonggol bambu. Biasanya teknik ini dibutuhkan gergaji tangan atau gerenda tangan untuk menggunakanya. Teknik ini merupakan langkah yang sangat menentukan suatu kerajinan bonggol bambu. Karena bonggol bambu biasanya memiliki bentuk yang masih natural dan masih menyatu dengan batang pohon bambu.

2. Teknik Pola Atau Penggambaran

Dalam sebuah kerajinan pembentukan pola atau penggambaran sangat diutamakan. Karena teknik penggambaran sangat menentukan hasil sebuah kerajinan.

Bonggol bambu dibentuk pola sesuai dengan keadaan bonggolnya itu sendiri, misalnya bentuk bonggol itu melingkar, kita buat kerajinan menjadi kerajinan ular, naga atau yang lain, kalau bentuknya itu datar kita bisa buat seperti karakter wajah atau yang lain tergantung dari kondisi bonggol bambu itu sendiri.

3. Teknik Pengukiran

Teknik ukir merupakan metode pembuatan seni rupa turun temurun sejak dahulu kala. Di negara kita ini sangat terkenal dengan teknik ukirnya, dari caranya yang unik dan hasilnya yang luar biasa.

Dalam pembuatan kerajinan dari bonggol bambu, teknik ini sangat penting, karena bonggol bambu yang sudah kita gambar atau pola, perlahan disayat dengan ukir mengurangi serat bonggol itu sendiri sampai dengan berbentuk pola yang kita inginkan.

4. Teknik Penghalusan

Teknik penghalusan adalah sebuah teknik perataan tekstur benda yang sudah di pahat atau disayat supaya halus dan memiliki bentuk yang teratur.

Kondisi pahatan pasti biasanya masih memliki tekstur yang tidak merata, serat-serat yang dihasilkan oleh sebuah ukiran biasanya belum beraturan. Dalam teknik penghalusan atau pengamplasan inilah sangat menentukan dengan hasil kerajinan, kondisi bentuk pahatan yang sudah dihaluskan sangat menentukan dalam proses pewarnaan dan hasil maksimal dari sebuah kerajinan itu sendiri.

Itulah tadi sedikit pengertian atau penjelasan tentang cara membuat kerajinan dari bonggol bambu. Karena manfaat dari sebuah bonggol bambu saja yang menurut banyak orang itu sebuah kayu bakar saja, tetapi disisi lain menurut para seniman dapat menghasilkan uang yang dapat mencukupi kebutahan kita. Semoga bermanfaat.

Share It:
Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *