Momen Bersejarah yang Paling Ditunggu Saat HUT RI Ke-76! Simak

Spread the love

Hari kemerdekaan dapat diartikan sebagai hari kebebasan. Yaitu hari dimana warga negara terbebas dari jajahan maupun penindasan yang dilakukan oleh para penjajah. 17 Agustus 1945 adalah Hari Kemerdekaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Orang yang pertama kali mendeklarasikan Indonesia merdeka ialah Bapak Ir. Soekarno. Beliau sekaligus menjadi presiden pertama bagi bangsa Indonesia. Sekaligus dijuluki sebagai Bapak Proklamator. Kabar Indonesia merdeka disiarkan melaui siaran-siaran radio yang akhirnya didengar dan diketahui seluruh masyarakat Indonesia.

Seluruh masyarakat bersorak gembira mengetahui hal tersebut. Karena selama kurang lebih 3,5 Abad dijajah oleh negeri penjajah dan akhirnya terbebas.

Betapa besar pengorbanan para pejuang kita, demi untuk negeri tercinta kita Indonesia. Mereka rela berkorban nyawa, berkorban seluruh jiwa raga untuk Kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Ini merupakan sejarah terbesar bagi bangsa Indonesia, untuk itu setiap tanggal 17 Agustus selalu diperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Kita sebagai penerus bangsa hendaknya benar-benar menjaga kedaulatan bangsa, mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa, dan menjaga kemakmuran rakyat Indonesia.

Bunyi Teks proklamasi ; Berikut ini adalah bunyi teks proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia.

“PROKLAMASI”
Kami, bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain, diselenggarakan dengan cara seksama dan dalam Tempo yang sesingkat-singkatnya.

Djakarta, 17 Agustus 1945

Atas Nama Bangsa Indonesia

 

(SOEKARNO-HATTA)

Setiap tahun selalu diadakan kegiatan untuk mengenang jasa para pahlawan kita yang sudah berkorban membela tanah air ini. Sebagai penerus bangsa pastinya kita harus selalu menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Nah tahukah kalian kegiatan apa saja yang diadakan disetiap daerah untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia.

1.Upacara Bendera

Upacara bendera adalah salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh bangsa Indonesia diseluruh wilayah Indonesia. Tidak memandang derajat,suku,agama,dan ras semua dapat melaksakan upacara bendera dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara bendera nasional dilaksanakan di Gedung Istana Merdeka yang biasanya dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia dan dihadiri oleh seluruh tokoh-tokoh. Upacara ini terbagi menjadi Upacara Kenaikan Bendera dan Upacara Penurunan Bendera. Upacara ini sangat sakral karena upacara ini menggunakan bendera merah putih yang dibuat oleh Fatmawati istri dari Ir Soekarno.

Saat sekarang ini pelaksanaan upacara menggunakan duplikat bendara pusaka. Karena yang asli disimpan khusus dalam Monumen, yang dijaga ketat keaslianya karena itu bendera sakral.

2. Paskibraka

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Pasukan ini memiliki tugas utama yaitu mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pasukan ini adalah pasukan khusus yang diseleksi ketat oleh negara yang diwakili oleh setiap siswa SMA dari berbagai daerah. Pasukan ini terbagi di 3 tempat yakni tingkat kabupaten/kota,provinsi,dan nasional.

3. Pasang Bendera

Memasang Bendera merupakan kegiatan wajib setiap warga negara Indonesia pada saat HUT Republik Indonesia.

Memasang bendera merupakan bentuk penghormatan kepada seluruh pejuang republik Indonesia yang telah berjuang mempertahankan Negara Indonesia dari penjajah.

Biasanya mulai dari awal Agustus sampai akhir Agustus bendera merah putih berkibar di depan rumah masing-masing. Ini merupakan salah satu upaya penghormatan rakyat Indonesia kepada para pejuang kita.

4. Karnaval

Karnaval merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan untuk memperingati HUT Republik Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan diseluruh daerah-daerah di Indonesia. Biasanya pelaksanaan karnaval diadan 2 atau 3 hari setelah Upacara Bendera.

Karnaval ini melambangkan bentuk kegembiraan seluruh bangsa Indonesia yang mana telah lepas dari para penjajah. Biasanya selalu identik diiringi dengan alunan musik Drum Band. Berbagai macam bentuk dan keaneka ragaman serta ciri khas di tuangkan dalam pelaksanaan karnaval tersebut.

Inilah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh banyak masyarakat, menikmati berbagai keindahan seni budaya bangsa dihadirkan dalam karnaval. Berbondong-bondong menyaksikanya, walau dalam keadaan panas terik matahari, tapi semua dapat menikmati keindahan kegiatan karnaval tersebut.

5. Lomba 17-an

Lomba 17-an dapat dikategorikan agenda rutin tahunan yang diadakan di setiap daerah. Lomba ini bertujuan untuk meramaikan momen HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Keseruan berkompetisi sangat dinanti-nanti.

Macam-macam lomba beraneka ragam, dari makan kerupuk,balap karung,gigit koin,memecahkan balon dan lain-lain. Salah satu yang paling di tunggu-tunggu ialah panjat pinang. Biasanya dalam panjat pinang terdapat berbagai macam hadiah dan yang paling mengesankan adalah proses pencapaiyanya karena melalui proses yang tidak mudah.

Itulah tadi berbagai macam kegiatan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Sebagai penerus bangsa hendaknya kita selalu menjalin persaudaraan yang kuat,dan selalu menjaga kedaulatan Negara Republik Indonesia.

Jangan sampai negara kita cintai ini,direnggut oleh negara lain. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah harga mati bagi kita semua sebagai rakyat Indonesia. Tentunya kita harus benar-benar menjaga negara kita sampai titik darah penghabisan.

Kita semua harus berkomitmen untuk selalu menghormati jasa-jasa para pejuang kita yang telah gugur demi untuk mempertahankan negara yang kita cintai ini Indonesia. MERDEKA!!!

 

 

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *