Pelaksanaan Proses Vaksinasi 6-11 tahun Tingkat Sekolah Dasar Terus Digenjot! Siswa-Siswi Pelajar SD NEGERI 05 Adipala Sangat Antusias

ADIPALA- Program pelaksanaan vaksinasi covid-19 di berbagai daerah terus diupayakan oleh pemerintah. Kini bersasaran pada pelajar Sekolah Dasar 6-11 tahun yang dilaksanakan pada hari Senin 20 Desember 2021 di SD NEGERI 05 Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap.

Pemerintah Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) wilayah Kecamatan Adipala melalui tim Advokasi Vaksin Covid-19 setempat, terus mempercepat vaksinasi bagi pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) supaya tidak terjadi proses penularan virus pada usia anak dan proses belajar mengajar juga kembali normal.

Diharapkan para orang tua dapat mendukung program vaksinasi tersebut, demi menjaga Kesehatan para anak di wilayah adipala dan juga merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Apakah Vaksin untuk anak usia dini aman? Tentunya para orang tua banyak bertanya-tanya tentang vaksin untuk anak, tentunya banyak yang meragukan akan hal tersebut.

Ya, terkait dengan pertanyaan tersebut pastinya sangat aman, menurut Prof Miko dari tim Advokasi Vaksin Covid-19 pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bahwa Vaksin untuk usia 6-11 tahun aman dilakukan karena sudah melalui berbagai uji tahap klinis dan juga mendapatkan EUA (Emergency Use Authorization) dari BPOM (Badan Pengawas Obat Makanan) serta melalui kajian ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group On Immunization).

Jadi buat para orang tua jangan khawatir dan jangan risau semua proses ini aman untuk dilakukan karena sudah melalui tahapan-tahapan seperti penjelasan di atas. Vaksin ini juga dapat berfungsi membantu kekebalan pada anak usia tersebut.

Jenis vaksin yang diberikan pada anak usia 6-11 tahun adalah jenis Sinovac dengan takaran dosis 3ug (0,5 ml) sebanyak dua kali pemberian, dengan jarak dosis pertama ke dosis yang kedua selama kurun waktu 4 minggu atau satu bulan.

        

Vaksin tidak direkomendasikan bagi anak yang:

• Penyakit Autoimun
• Penyakit Sindrom Gullian Barre, myelitis tranversa, acute demyelinating encephalomyelitis
• Pasien anak kanker
• Mendapat pengobatan imunosupresan/sitostatika berat
• Mengalami demam 37,50 C
• Baru sembuh dari Covid-19 kurang dari 3 bulan
• Pascaimunisasi lain kurang dari 1 bulan
• Anak atau remaja sedang hamil
• Memiliki hipertensi dan diabetes mellitus
• Serta penyakit-penyakit kronik atau kelainan kongenital

      

Dengan mematuhi protokol kesehatan, di SD Negeri 05 Adipala seluruh siswa-siswi sangat antusias melaksanakan kegiatan proses vakasinasi dengan didampingi oleh orang tua masing-masing, walaupun ada juga yang merasa ketakutan karena melihat jarum suntik. Namun siswa-siswi yang didampingi orang tua tetap melaksanakanya vaksinasi demi menjaga kesehatan.

Setelah divaksin anak-anak senang bahwasanya suntik itu tidak menakutkan seperti apa yang dipikirkan mereka. Hanya sakit sedikit saja seperti digigit semut, ujar lugu fahri salah satu siswa SD Negeri adipala 05 sambil tersenyum.

Diharapan tidak hanya disini saja, melainkan diseluruh daerah-daerah lain khususnya di Kabupaten Cilacap juga selalu disambut dengan antusias demi memelihara kesahatan, agar semua kembali normal seperti sedia kala.

BACA JUGA: JADWAL VAKSINASI WILAYAH KECAMATAN ADIPALA

 

Share It:
Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *