Proses Pengolahan Biji Kopi Hingga Menjadi Bubuk Kopi yang Nikmat

Spread the love

Bagi pecinta kopi, proses pengolahan biji kopi sangat penting untuk diketahui agar dapat mengolah biji kopi di rumah sesuai selera. Kopi banyak dinikmati oleh berbagai kalangan di dunia karena dianggap nikmat untuk disajikan kapanpun dan dalam situasi apapun. Kopi banyak disajikan saat bersantai atau sekedar mengisi tenaga saat bekerja.

Beberapa tahun belakangan kopi semakin melejit namanya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya café yang menyuguhkan varian kopi dengan berbagai rasa. Sebagai pecinta kopi, apakah Anda mengetahui bagaimana proses pengolahan kopi bubuk hingga bisa disajikan dengan nikmat?

Nah, jika Anda penasaran tentang bagaimana proses pengolahan kopi, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Proses Pengolahan Biji Kopi Hingga Bisa Disajikan dengan Nikmat

Tahukah Anda terdapat dua teknologi pengolahan kopi yang berkembang di masyarakat. Teknik pengolahan biji kopi yang pertama adalah dengan cara basah yang membutuhkan proses serta tahapan panjang. Biasanya teknik ini digunakan untuk mengolah biji kopi arabika, inilah kenapa kopi arabika dibandrol dengan harga tinggi.

Sedangkan teknik yang kedua adalah teknik kering yang memiliki tahapan lebih sederhana. Cara pengolahan kering ini tidak membutuhkan waktu lama seperti teknik basah, dan juga lebih cocok digunakan untuk jenis biji kopi robusta. Untuk mengetahui bagaimana proses pengolahan biji kopi secara kering, berikut ini langkah-langkahnya.

● Sortasi Buah Kopi

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengolah biji kopi robusta adalah sortasi buah kopi. Langkah ini adalah proses penyortiran buah kopi yang sudah panen. Proses ini mengkategorikan biji kopi menjadi dua macam, yaitu buah superior dan buah inferior. Selain itu, warna juga menjadi kategori untuk dipisahkan, misalnya biji kopi yang berwarna merah dan hijau harus dipisahkan.

Tujuan dari langka yang pertama ini adalah agar nantinya kualitas kopi yang didapatkan bisa lebih berkualitas. Inilah kenapa proses sortasi sangat penting dilakukan dan tidak boleh dilewatkan.

● Pengeringan

Setelah melalui proses pengolahan biji kopi pertama, selanjutnya biji kopi harus melalui proses pengeringan. Proses ini dilakukan sebelum buah dikupas agar kadar air yang terkandung di dalam biji berkurang. Dalam proses basah, biasanya langkah ini dilakukan setelah mengupas biji kopi. Proses pengeringan ini memakan waktu kurang lebih dua minggu dengan tujuan untuk mendapatkan biji kopi kering yang lezat.

● Pengupasan Kulit Buah

Setelah biji kopi kering, kini saatnya Anda melakukan pengupasan kulit buah. Proses ini biasanya dengan cara menumbuk kopi agar kulit buah terpisah dari bijinya, tetapi kini sudah hadir sebuah mesin yang dapat membantu memudahkan proses ini. Anda harus memastikan bahwa biji kopi sudah kering sempurna agar tahapan ini bisa berhasil. Jika biji kopi masih basah, maka proses pengupasan kulit buah akan gagal karena kadar air yang terkandung sangat berpengaruh.

● Pemilihan Biji Kopi

Proses pengolahan biji kopi selanjutnya adalah pemilihan biji kopi. Tahap ini hampir sama dengan penyortiran buah kopi, bedanya proses ini memisahkan kopi berkualitas dan tidak yang sudah dikupas. Tidak semua kopi yang dikupas dapat dipasarkan, sehingga Anda harus melakukan pemilihan ulang sebelum pengemasan.

● Pengemasan

Pengemasan adalah tahap akhir dari proses pengolahan kopi hingga siap dikonsumsi. Biji kopi yang sudah disortir ulang dapat langsung dikemas untuk segera dipasarkan ke berbagai tempat. Dalam proses ini, pastikan Anda menggunakan kemasan yang yang tahan lama dan menarik agar kopi dapat sampai ke konsumen dengan aman.

Nah, setelah mengetahui bagaimana proses pengolahan biji kopi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah? Bagaimana menurut Anda?

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *