Seniman Api Ini Memiliki Karya Yang Luar Biasa! Simak Saja

Spread the love

Siapa yang tak kenal dengan istilah tersebut adalah seorang yang akrab kita sebut dengan welder atau yang kerap juga dijuluki seniman api. Di era sekarang ini sangat familiar dan sangat banyak yang ingin mempelajarinya.

Karena dari skill yang dimiliki dapat mengangkat ekonomi keungan yang sangat pesat ,juga sangat dibutuhkan hampir disetiap daerah dan berbagai industri-industri besar,inilah salah satu alasan mengapa banyak sekali yang ingin mempelajarinya bahkan ingin membuka tempat usaha sendiri.

Oke sobat sebelum kita mempelajari jauh, mari kita belajar pengertian dari welding (pengelasan) itu sendiri?

Welding (pengelasan) adalah salah satu teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi dengan atau tanpa tekanan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinu.

Orang yang mengerjakan suatu pekerjaan pengelasan dinamakan welder atau seniman api. Para seniman mampu mengolah atau membuat sesuatu dari yang bentuk batangan sampai membentuk sesuatu yang indah dan beraneka ragam.

Berikut ini adalah macam-macam bentuk yang di hasilkan oleh welder

1. Pintu Pagar

Tak heran lagi bagi kita, di setiap rumah sekarang ini hampir seluruhnya menggunakan pintu pagar. Selain memperindah rumah, pagar tersebut juga berfungsi sebagai pelindung rumah dari ancaman-ancaman luar rumah.
Pagar ini dibuat oleh para seniman api yang dirancang dengan detail sehingga dapat menciptakan suatu pagar yang kokoh,indah dan elegan saat dipandang. Tidak tanggung-tanggung para pemilik rumah rela mengeluarkan gocek untuk membuat pagar ini, harganya pun tidak terlalu mahal dan pas dikantong tergantung bahan pembuatnya dari besi atau stainlees.

2. Balkon

Balkon adalah teras lantai atas pada suatu bangunan atau rumah. Ini adalah tugas Seniman api,membuat dan merancang balkon supaya dapat memperindah rumah. Bahan balkon itu sendiri ada yang terbuat dari pipa,besi holo,atau besi ulir.

Bahan-bahan tersebut dibuat dan disesuaikan dengan kondisi bentuk rumah tersebut. Ada yang berbentuk lurus,membengkok,atau yang lain semua tergantung pada imajinasi seniman api tersebut.

3. Pintu Rumah

Pada era jaman dulu memang sebuah pintu umumnya terbuat dan berbahan dasar dari kayu. Ada yang dari kayu jati,kelapa,kayu pornis dan lain-lain yang diukir oleh tukang kayu sehingga membentuk pintu yang indah dan menarik. Umumnya panjang pintu berkisar 180 cm dan memiliki lebar umumnya 80 cm.

Seiring kemajuan jaman, kini semua beralih fungsi atau mengalami Regenerasi yang sangat pesat dan berbasis ekonomis. Dari yang dulunya menggunakan tenaga manusia, sekarang beralih menggunakan serba mesin otomatis. Dan yang awalnya dari bahan dasar kayu kini beralih ke besi.

Membuat pintu berbahan besi holo, memang harus benar-benar tepat dan akurat dalam merancangnya, harus benar-benar dibutuhkan ketilitian yang tinggi, karena kalau tidak sesuai sangat berpengaruh besar dalam proses pemasanganya. Ini tentunya peran seorang welder atau seniman api sangat besar.

4. Kanopi (Atap Besi)

Kanopi adalah sebuah atap besi penghias depan rumah. Kanopi sendiri ada yang terbuat dari besi holo,cnp,atau dari baja ringan. Atap besi ini umunya digunakan sebagai garasi tempat mobil atau pelindung depan rumah dari panasnya terik matahari.

Bentuk kanopi itu sendiri bermacam-macam gaes,ada yang berbentuk datar,ceper dan bahkan ada yang sampai melengkung. Semua itu tergantung pada pemilik rumah, mau dibuat seperti apa, tentunya para seniman api harus mampu dan menguasai segala bentuknya.

Alas kanopi ini ada yang dari bahan seng baja ringan,spandek,dan polycarbonate tergantung pemilik rumah menghendaki yang seperti apa. Dari segi kualitasnya pun berbeda-beda,umumnya kalau menggunakan seng baja ringan lebih ringan akan tetapi sangat berisik kalau terjadi hujan. Sedangkan kalau menggunakan spandek hampir sama dengan seng baja ringan,akan tetapi spandek ini terbuat dari bahan plastik lebih ringan,tidak terlalu berisik,dari segi keawetannya pun hampir sama.

Dan yang berbahan dasar dari polycarbonate adalah bentuk alas atap yang sangat familiar dan elegan,harganya pun relative mahal karena bahan dasar pembuat yang sangat bagus serta sangat ringan.

Masih banyak lagi kreasi yang dapat dibuat oleh banyak seniman api,semua itu hanyalah beberapa contoh kecil saja yang dapat saya sampaikan. Salam Satu kreasi,satu seniman api.

Demikian tadi sekilas informasi sedikit tentang pengelasan,semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kalian semua bagi yang membacanya. Ada kurang lebihnya mohon maaf.

BACA JUGA : Teknik Pengelasan Profesional

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *