Tips Cara Membuat Selai Rumah Ala Perusahaan! Silahkan Di Coba

Spread the love

Selai merupakan makan yang dibuat dari bahan dasar buah-buahan atau kacang yang dihaluskan berbentuk kental dan membentuk cita rasa yang enak. Selai juga disebut makanan pendamping roti. Lebih tepatnya isi dalam roti yang disajikan buat menu sarapan atau breakfast.

Selai memang banyak diminati banyak kalangan tidak memandang anak kecil bahkan orang dewasa. Karena banyak mengandung manfaat dan khasiat yang baik untuk tubuh. Selai juga memiliki berbagai farian rasa, ada strobery,nanas,coklat,pandan,blueberry,kacang dan lain-lain.

Tentunya semua ingin mencobanya dirumah bukan, setidaknya buat kebutuhan sendiri dirumah bukan. Namun dapat dijadikan ladang bisnis yang menguntungkan juga loh.

Nah tahukah kalian tips cara membuat selai rumah ala perusahaan, bagaimana dan apa saja yang harus disiapkan? Mari kita simak dan belajar bersama.

1. Siapkan Bahan Dasar

Cara membuat selai rumah ala perusahaan harus disiapkan dulu bahan-bahan dasarnya. Terserah kemauan kita mau membuat selai rasa apa? Ada rasa strobery,cerry,nanas,coklat,blueberry,kacang dan lain-lain yang dicampur dengan minyak nabati,mentega dan reverse.

Setelah kita siapkan bahan dasarnya lalu kita cuci bersih buah yang akan kita jadikan selai dan digiling sampai halus dan lembut. Ingat harus benar-benar lembut ya gaes agar mudah saat dioleskan ke roti. Semua bahan sudah siap lalu campurkan dengan takaran resep cara membuat selai.

2. Proses Pemasakan

Proses pemasakan selai memang melalui tahap-tahap yang berbeda. Cara untuk membuat selai buah memang tidak serumit proses pembuatan selai kacang. Memerlukan proses yang panjang dan waktu yang cukup lama

Cara Membuat Selai Kacang

Cara membuat selai kacang harus melalui tahapan-tahapan sebagai berikut:

• Proses Sortasi
• Proses Roasting
• Proses Pengayakan
• Proses Mixing

Proses Sortasi

Sortasi adalah proses pemilihan bahan kacang terbaik yang siap untuk proses produksi. Mengapa harus melalui proses ini, karena kacang dalam kondisi datang tidak semuanya bagus dan baik, melainkan terkadang ada semacam batu atau kondisi kacang yang kurang layak untuk di produksi.

Untuk itu diperlukan proses sortasi ini dengan tujuan menciptakan bahan dasar yang benar-benar bagus dan layak untuk di produksi. Proses ini juga memakan waktu yang lumayan ya gaes, tergantung banyak tidaknya yang akan kita buat.

Proses Roasting

Proses roasting adalah proses pemanggangan kacang. Pemanggangan yang menggunakan suhu tertentu agar menciptakan warna yang pas dan tepat pada selai kacang. Dalam proses ini sangat menentukan baik tidaknya proses pembuatan selai kacang. Dibutuhkan waktu dan temperature suhu yang sesuai untuk memasak sebuah kacang.

Setelah melalui tahap roasting selesai lalu masuk tahap pengupasan kulit ari kacang. Disini kondisi kacang 90% bersih. Karena proses ini menentukan layak tidaknya sebuah selai di edarkan atau dikonsumsi.

Proses Pengayakan

Proses pengayakan adalah proses pembersihan sebuah kacang yang siap di produksi. Dalam proses ini kondisi kacang harus benar-benar 100% bersih. Karena kalau tidak bersih akan terdapat bintik hitam kulit kacang dan tentunya ini sangat mempengaruhi tampilan kondisi selai.

Proses Mixing

Proses mixing adalah proses pengolahan pemasakan kacang yang sudah siap untuk diproduksi dan siap diolah dengan campuran bahan. Bahan campuran seperti mentega,minyak nabati, dan reverse yang sudah ditakar sesuai resep.

Proses ini sangat menentukan kualitas rasa dari sebuah selai yang kita buat. Lezat tidaknya sangat berpengaruh dalam proses ini. Karena disini merupakan proses pemasakan dan pencampuran bahan-bahan yang siap dijadikan selai.

3. Proses Pengemasan (Finishing)

Setelah melalui tahap mixing selesai, sebuah selai yang sudah jadi harus melalui proses finishing berupa pengemasan. Proses ini sangat mempengaruhi awet dan tidaknya sebuah selai.

Kadar angin yang ada dalam pengemasan, jangan sampai ada karena kalau ada membuat selai cepat bau dan berjamur. Untuk itu dalam proses ini tidak bisa sembarangan, harus benar-benar ahli.

Itulah tadi proses cara pembuatan selai rumah ala perusahaan yang dapat kami sajikan. Silahkan berkreasi dan selamat mencoba, semoga artikel ini bermanfaat.

 

BACA JUGA: Cara Membuat Strobery Jam

 

 

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *