Kerajinan dari Bahan Kayu

Tips Membuat Kerajinan dari Bahan Kayu

Spread the love

Kerajinan dari bahan kayu banyak diminati sejak lama, hal ini karena kerajinan berbahan dasar kayu memiliki nilai seni dan estetik yang tinggi. Ini juga dibuktikan dengan masih bertahannya eksistensi kerajinan kayu meskipun sudah banyak kerajinan modern lainnya. Kayu sendiri adalah bahan yang mudah ditemukan, sehingga membuat para pengrajin kayu tidak pernah kehilangan kreasi untuk membuat sebuah hiasan.

Hiasan kayu ini bisa digunakan sebagai souvenir ataupun dijadikan sebagai hiasan rumah. Hiasan kayu memiliki nilai dekoratif yang bisa membuat ruangan Anda menjadi lebih indah. Nah, jika Anda sedang berniat untuk membuat sebuah kerajinan dari bahan kayu, Anda harus mengetahui apa saja tips dalam membuatnya.

Tips Membuat Kerajinan dari Bahan Kayu yang Wajib Anda Ketahui

Di Indonesia sendiri sudah bukan hal aneh lagi jika banyak masyarakat yang tertarik dengan kerajinan dari bahan kayu. Selain bahannya yang mudah ditemukan, kerajinan kayu juga bisa digunakan sebagai bahan untuk menuangkan kreativitas Anda. Namun, Anda juga jangan asal-asalan dalam membuat kerajinan ini. Anda harus mengetahui apa saja yang diperlukan dalam proses pembuatannya agar nantinya hasil yang didapat bisa maksimal.

1. Pilih Kayu yang Sesuai

Jika ingin membuat kerajinan dari kayu maka Anda membutuhkan bahan utama berupa kayu. Di Indonesia sendiri banyak jenis yang tersebar di berbagai wilayah dan tentunya mudah untuk didapatkan. Namun ternyata tidak semua bahan kayu cocok untuk dijadikan kerajinan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentunya Anda harus menggunakan kayu yang berkualitas tinggi dan mudah dibentuk. Anda bisa menggunakan kayu jati, damar, eboni, ataupun ulin.

2. Pilih Kayu yang Memiliki Kadar Air Rendah

Tips yang kedua adalah pastikan Anda memilih kayu yang memiliki kadar air rendah. Setiap kayu tentunya memiliki kadar air yang berbeda-beda, jika Anda memilih kayu dengan kadar air yang tinggi maka Anda harus mengeringkannya sebelum dipakai. Dengan menggunakan kayu yang memiliki kadar air tinggi, kerajinan dari kayu unik yang Anda buat akan mudah retak. Anda bisa menggunakan alat tes kadar air khusus kayu untuk mengetahui kadar air yang terkandung didalamnya.

3. Pilih Kayu yang Tahan Rayap

handycraft dari kayu
Handycraft Dari Kayu Unik

Jika ingin mendapatkan hasil dari kerajinan dari bahan kayu yang maksimal, maka Anda harus memilih kayu yang tahan terhadap rayap. Jika menggunakan kayu yang tidak tahan rayap, maka kerajinan yang Anda buat akan mudah rusak dan tidak awet ketika dipajang. Untuk mencegah hal ini, Anda juga bisa menggunakan bahan lapis anti rayap pada saat proses finishing.

4. Pilih Kayu yang Ramah Lingkungan

Dalam memilih kayu untuk kerajinan, Anda harus memilih kayu yang ramah lingkungan. Hal ini berguna agar sumber daya hutan tidak cepat habis dan masih bisa dimanfaatkan untuk masa yang akan datang. Anda bisa menggunakan kayu limbah untuk membuat kerajinan dari limbah kayu jati. Dengan menggunakan limbah kayu, itu berarti Anda juga ikut membantu dalam menjaga lingkungan sekitar.

5. Pilih Kayu yang Sudah Dioven

Tahukah Anda dengan mengoven kayu sebelum diolah akan membuat kadar air yang terkandung didalamnya menjadi berkurang dan juga membuat hasil kerajinan kayu tidak mudah retak. Anda bisa mengoven kayu dalam suhu sekitar 60 derajat celcius. Proses ini juga bermanfaat untuk menghilangkan semua penyakit yang terkandung didalam kayu, membuat kayu lebih tahan lama, dan terhindar dari rayap. Proses ini sangat penting untuk membuat kerajinan kayu terlaris.

Nah, itulah beberapa tips dalam membuat kerajinan dari bahan kayu. Pastikan Anda mengikuti semua tips di atas untuk mendapatkan hasil kerajinan yang maksimal dan tahan lama.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *