Tips Perawatan Aglaonema Agar Tetap Menawan dan Awet

Spread the love

Aglaonema merupakan salah satu tanaman hias yang cukup kita sejak tahun lalu. Untuk itu ketika Anda menanam jenis tanaman hias Ini membutuhkan tips perawatan aglaonema yang tepat. Alasannya tentu saja agar Anda bisa mendapatkan aglaonema yang tetap cantik menawan dan juga awet.

Tips Perawatan Aglaonema

Aglaonema disebut sebagai ratunya daun karena keindahannya. Apakah menyiram tanaman hias ini setiap hari saja sudah cukup untuk perawatannya? Simak dulu tips perawatan aglaonema yang tepat berikut ini.

1. Lakukan Penyiraman Aglaonema Dengan Frekuensi Yang Tepat

Pertama tentu saja Anda harus memberikan kesejukan dan kelembaban pada aglaonema. Tips perawatan aglaonema yaitu dengan menyiramnya dua sampai tiga hari sekali saja. Cara menyiram aglaonema seperti ini membuat media tanam pada aglaonema tetap basah dan supply airnya cukup serta ternutrisi.

Ketika asupan air pada aglaonema berlebihan tentu akan membuat akar dan batangnya busuk. Kalau sudah begini maka aglaonema akan menguning dan layu. Namun jika aglaonema dibiarkan kering, tentu saja bisa mengalami kematian. Ini karena penyaluran air dan nutrisinya terhenti ke jaringan batang dan daun.

2. Pakai Tanah Organik

Untuk tanaman aglaonema agar hidup dengan baik maka Anda membutuhkan media tanam berupa tanah organik. Tanah organik akan membantu aglaonema untuk tumbuh lebih subur karena kualitas tanahnya yang bagus.
Anda bisa memilih tanah pot gambut dengan perlit extra. Ini merupakan media tanam yang paling dianjurkan saat ini untuk aglaonema.

3. Jauhkan Aglaonema Dari Sinar Matahari

Tips perawatan aglaonema, Anda harus meminimalisir paparan sinar matahari secara langsung pada tumbuhan ini. Jika aglaonema terlalu sering mendapatkan kontak langsung dengan matahari maka bisa membuat daunnya berubah menjadi kuning. Setelah menguning daun ini tentu akan layu.

Maka dari itu tempatkan aglaonema pada daerah yang teduh namun tetap masih mendapatkan sinar matahari yang cukup. Misalnya di bawah rindangnya pohon ataupun Anda letakkan pada teras rumah. Jadi cara mengatasi daun aglaonema yang menguning, salah satunya dengan menghindarkan tanaman ini dari sinar matahari langsung.

4. Pangkas Daun Aglaonema Yang Layu

Untuk tips perawatan aglaonema selanjutnya tentu Anda perlu melakukan pemangkasan pada daun tanaman ini yang layu. Tidak hanya layu, sebaiknya buang bagian batang yang menguning.

Anda bisa memangkas daun dan batang yang menguning ini dengan pisau tajam dan gunting khusus tanaman. Dengan begitu, maka keindahan aglaonema tetap terpancar sepanjang waktu.

5. Membasmi Hama Pada Aglaonema

Tidak hanya perlu untuk merawat daun dan batang aglaonema saja. Anda juga harus perhatikan apakah tanaman hias ini memiliki banyak hama atau tidak. Hama seperti laba-laba, kutu, ulat bulu hingga tungau bisa merusak tumbuh kembang aglonema.

Cara membasmi hama tersebut yaitu dengan menggunakan pestisida khusus tanaman. Lakukan proses pembasmian hama secara rutin dan berulang, pastikan bahwa hewan-hewan kecil tersebut bisa hilang.

6. Menggemburkan Tanah Secara Rutin Agar Aglaonema Beranak

Anda tentu menginginkan aglaonema agar bisa beranak. Nah cara untuk membuat aglaonema tumbuh anak adalah dengan menggemburkan media tanam atau tanahnya. Jika tanah tempat hidup aglaonema mengeras tentu tanaman ini akan jenuh.

Tanah yang keras juga akan membuat aglaonema tidak akan bisa beranak. Gemburkan tanah minimal 1 bulan sekali atau melakukan pergantian media tanam ketika tanahnya sudah mulai mengeras. Ini adalah cara merawat aglaonema agar cepat beranak paling tepat.

Tentu sekarang Anda sudah tahu tips perawatan aglaonema yang baik dan benar untuk membuat tanaman indah dan hits ini tetap eksis. Bagi yang baru ingin menanam aglaonema, Anda wajib tahu dan mempraktekkan tips perawatan tanaman cantik ini.

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *