Tol Gedebage-Cilacap Jalur Penghubung Jawa Barat-Jawa Tengah! Benarkah Jalur Tol Terbesar di Indonesia?

Jalan Tol merupakan salah satu proyek prioritas dari Bapak Presiden Joko Widodo. Infrastruktur pembangunan diberbagai daerah mulai ter-realisasi dari ujung timur sampai ujung barat. Dan ditahun ini akan dibangun jalan penghubung Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Tol dari Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap merupakan Jalur Tol penghubung terbesar yang ada di Indonesia.

Dilangsir dari CNBC Indonesia, Jalur Tol ini dibangun dengan biaya investasi megah dan dianggar mencapai Rp 56 Triliun. Pembangunan Tol ini dipimpin langsung oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk (JSMR),bersama PT Daya Mulia Turangga, PT Sarana, PT Gama Group, PT Pembangunan Perumahan (persero) Tbk, PT Waskita Karya (persero) Tbk, PT Wijaya Karya (persero).

Jalan Tol ini nantinya akan dimulai dari titik Gedebage menuju Tasikmalaya sepanjang 96,2 km, selanjutnya dari Tasikmalaya melewati Banjarsari menuju Cilacap mencapai panjang 111 km. Sekaligus menjadi proyek Tol yang memiliki ruas terpanjang di Indonesia.

Menurut Koentjahjo Pamboedi selaku Anggota BPJT Unsur Profesi mengatakan ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap ini tahap kontruksi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu tahap 1 untuk ruas Tol Gedebage-Tasikmalaya yang diperkirakan tahap kontruksinya pada tahun 2022 sampai selesai 2024 atau kisaran selama 2 tahun.

Kemudian tahap ruas tol yang ke-2 dari Tasikmalaya-Cilacap mulai dikerjakan pada tahun 2027 dan diperkirakan selesai pada tahun 2029. Akan terjeda sekitar 3 tahun merupakan schedule kontruksi.

Nantinya ruas Tol Gedebage-Cilacap ini memiliki simpang susun atau jalur penghubung dengan jalur Tol lain yaitu Nagreg, Majalaya, Garut Utara, Garut Selatan, Singaparna, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Patimuan, dan Cilacap.

 

 

Share It:
Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *