puasa ibu hamil

Wajib Tahu, 5 Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil

Spread the love

Tidak sedikit ibu hamil yang ikut berpuasa di bulan Ramadhan sebulan penuh. Supaya nyaman, ada beberapa tips berpuasa untuk ibu hamil yang bisa diikuti. Apalagi jika Anda sedang hamil anak pertama, otomatis pengalaman puasa dikala hamil adalah hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Pertanyaannya adalah bolehkah wanita hamil ikut berpuasa? Jawabannya tentu saja boleh asal tidak ada masalah dengan kehamilan sebelumnya. Untuk bisa ikuti berpuasa, kondisi ibu dan janin harus benar-benar sehat. Dokter pasti akan memberikan tips puasa ibu mengandung agar tetap sehat khususnya tidak dehidrasi.

5 Tips Berpuasa untuk Ibu Hamil yang Aman

Apabila Anda masih ragu untuk boleh ikut berpuasa atau tidak akan lebih baik untuk bertanya ke dokter kandungan langsung saat kontrol. Karena dokter akan menjelaskan apakah Anda sedang mengandung dalam keadaan sehat dan siap untuk berpuasa.

Ketika dokter tidak memberikan larangan, artinya selam satu bulan penuh Anda bisa mengikuti ibadah puasa dengan baik. Nah, sebagai tips berpuasa untuk ibu hamil yang aman, berikut ini beberapa yang bisa Anda ikuti.

1. Mengkonsumsi makanan bernutrisi

Saat sahur dan berbuka puasa, ibu hamil harus tetap mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan empat sehat dan lima sempurna akan menjadi menu setiap hari yang harus dipenuhi. Tujuannya adalah tubuh tetap sehat dan menjaga berat badan si ibu dan bayi.

Minum susu dan mengkonsumsi kurma sangat disarankan. Makanan yang dikonsumsi akan lebih baik yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks tinggi. Contohnya daging tanpa lemak dan beras merah.

2. Hindari aktivitas fisik, tingkatkan waktu istirahat

Kalau yang satu ini adalah tips puasa untuk ibu hamil dan menyusui. Jangan terlalu lelah dengan aktivitas fisik yang berlebihan karena bisa membuat stress yang tak baik untuk janin. Stress juga akan menghambat produksi asi ibu, terlebih saat puasa.

Oleh karena itu jangan terlalu lelah apalagi stress, untuk menghindarinya perbanyakan waktu istirahat. Buat waktu tidur yang berkualitas dan juga nyaman sehingga puasa bisa berjalan dengan lancar.

3. Cukupi tubuh dengan vitamin

Tips puasa untuk ibu hamil muda yang sering dalam kondisi masih kurang stabil sebaiknya jangan lupakan konsumsi vitamin. Karena vitamin akan memperkuat kondisi tubuh saat menjalankan puasa. Anda bisa meminta vitamin kepada dokter.

Asupan vitamin juga bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah yang juga baik untuk pencernaan khusus ketika usia kandungan sudah lebih dari 21 minggu. Konsumsi buah akan lebih baik sebelum mengkonsumsi makanan berat.

4. Menghindari kafein dan makanan pedas

Tips berpuasa untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah pantang mengkonsumsi kafein. Bahkan hal ini juga disarankan bagi ibu hamil yang tidak mengikuti puasa sekalipun. Penyebabnya adalah kafein adalah penyebab tubuh menjadi dehidrasi dan jantung berdebar, jadi sangat tidak disarankan saat puasa.

Selain kafein, ibu mengandung juga sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan pedas dan asam. Karena makanan dengan rasa tersebut bisa memicu kontraksi.

5. Perbanyak minum air putih

Dehidrasi adalah hal utama yang harus dihindari ketika melangsungkan ibadah puasa, bahkan bukan untuk ibu hamil sekalipun. Jadi khusus untuk ibu hamil, mengkonsumsi banyak air mineral saat sahur dan berbuka puasa akan lebih baik.

Anda bisa mengkonsumsi air putih setelah makan sahur dan sebelum berbuka. Jika ingin rasa yang sedikit manis bisa menambahkan madu.

Semua tips berpuasa untuk ibu hamil ini sebaiknya diperhatikan agar kegiatan puasa selama bulan Ramadhan nantinya berjalan dengan baik dan tubuh tetap sehat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *