Wajib Tahu, Begini Cara Kerja Pulse Oximeter

Spread the love

Jika Anda dan keluarga saat ini sedang isolasi mandiri (isoman), memiliki dan memahami cara kerja pulse Oximeter sangatlah penting. Pasalnya, WHO juga telah menghimbau kepada masyarakat agar memiliki alat ini.

Oximeter adalah alat yang dapat digunakan untuk mengukur kadar oksigen dalam darah di tubuh manusia. Sehingga, Anda dapat mengetahui kemungkinan terjadinya gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya kadar oksigen dalam tubuh.

Kondisi kurangnya oksigen dalam tubuh sangat rawan dan juga mengancam nyawa jika tidak segera memperoleh penanganan yang tepat. Maka dari itu, penting untuk secara berkala mengetahui kadar oksigen pada tubuh agar tetap normal menggunakan Oximeter.

Lalu, bagaimana cara kerja pulse Oximeter sehingga dapat menunjukkan kadar oksigen pada tubuh? Berikut tips dan cara menggunakan Oximeter dengan benar.


https://pixabay.com/photos/pulse-oximeter-oximeter-measurement-6055688/

Cara Kerja Oximeter

● Baik sebelum maupun sesudah melakukan aktivitas apapun, Anda wajib cuci tangan menggunakan sabun, termasuk saat menggunakan Oximeter.
● Potong kuku tangan yang panjang dan pastikan kuku dalam keadaan bersih. Selain itu, sebaiknya jangan menggunakan cat kuku berwarna gelap dan kuku palsu karena akan mengurangi akurasi Oximeter dalam mengukur kadar oksigen di dalam tubuh.
● Gosok-gosokan kedua tangan agar jari-jari tangan lebih hangat dan jangan biarkan tangan dalam kondisi dingin.
● Selanjutnya, Anda dapat menyalakan Oximeter. Posisikan jari jari bagian telunjuk, jari tengah, dan ibu jari, dijepit oleh Oximeter.
● Tunggu hingga beberapa saat dan biarkan Oximeter bekerja dengan sendirinya untuk mengukur kadar oksigen dalam darah Anda.

Selanjutnya perhatikan hasilnya, jika Anda kebingungan berikut adalah panduan cara membaca Oximeter.

Cara membaca Oximeter

Ada dua angka yang masing-masing memiliki arti yang berbeda terletak di layar Oximeter. Apa itu SpO2? Angka yang memiliki tanda %SpO2 ini berarti menunjukkan saturasi oksigen dalam darah Anda.

Sedangkan angka satunya yang ditandai dengan huruf HR adalah heart rate yang akan menunjukkan jumlah denyut nadi atau detak jantung dalam tubuh Anda.

SpO2 Normal Berapa?

Dengan melihat tanda %SpO2 Anda dapat mengetahui apakah kadar oksigen dalam darah Anda dapat dikatakan normal. Saturasi oksigen baru bisa disebut normal jika nilai saturasi oksigennya atau %SpO2 ada pada angka 95% atau lebih.

Sedangkan, jika setelah diukur dan nilai saturasi oksigen dalam tubuh Anda kurang dari 92% maka ini berarti Anda sedang kekurangan oksigen yang dalam istilah medis disebut dengan hipoksia.

Jika Anda ada dalam kondisi tersebut, jalan terbaik yang harus tempuh adalah memperoleh penanganan profesional dari dokter atau tenaga medis lainnya. Sementara Anda menunggu penanganan medis, Anda dapat menggunakan alat bantu pernapasan atau oksigen bantuan.

https://pixabay.com/photos/doctor-hippo-dr-oximeter-toy-5030922/

Pentingnya Oximeter di Masa Pandemi

Untuk mengetahui saturasi oksigen dalam darah hanya ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama menggunakan Oximeter dan kedua melakukan pemeriksaan terhadap gas darah.

Cara kedua terbilang kurang praktis dan hanya dapat dilakukan di laboratorium atau klinik. Maka dari itu, menyediakan Oximeter sangat penting bagi pasien COVID-19 yang sangat mungkin bisa mengalami happy hypoxia atau silent hypoxia. Ini merupakan kondisi di mana terjadinya penurunan saturasi oksigen dalam darah tanpa adanya gejala.

Apabila Anda mengalami kondisi tersebut, atau mengalami sesak nafas, lemas, kuku dan bibir kebiruan, maka segera hubungi dokter atau mendatangi fasilitas kesehatan terdekat agar segera memperoleh penanganan yang tepat. Itu tadi adalah manfaat, cara kerja, serta panduan untuk memahami Oximeter di rumah selama Anda melaksanakan isoman.

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *