Yuk Mengenal Tentang Pengertian dan Manfaat Software HR untuk Perusahaan

Spread the love

Untuk membantu berbagai masalah dan kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan, tidak ada salahnya untuk menggunakan manfaat software HR untuk mengengurusi keperluan sistem manajemen. Salah satu divisi yang paling dibantu dengan adanya software HR ini adalah divisi Human Resource yang berhadapan langsung dengan karyawan.

Software HR ini sering dikenal dengan sebutan software shift karyawan karena membantu HRD dalam mengurus semua keperluan staff. Namun, jika Anda masih belum mengetahui apa itu software HR dan apa saja manfaat software HR, yuk simak informasi selengkapnya berikut ini. Check this out!

Apa itu Software HR?

Software HR sering dideskripsikan sebagai sebuah sistem yang dapat menyimpan dan mengolah semua data karyawan dalam sebuah perusahaan dengan jumlah yang banyak. Anda dapat menggunakan software HR untuk mengolah data mulai dari absensi, pajak, hingga sistem pembagian gaji. Data-data yang disimpan dalam sistem ini terintegrasi dengan maksimal dalam sebuah database.

Karena penggunaan dan manfaat software HR ini sangat luar biasa bagi sebuah perusahaan, hal inilah yang membuat banyak staff beranggapan bahwa sistem HR ini mampu menggeser staff HR dalam pekerjaannya. Namun nyatanya, keberadaan staff HR dan software HR ini berbeda dan keduanya memiliki peran masing-masing yang tidak dapat disatukan.

Secara garis besar, software HR ini bertugas untuk membantu staff HR dalam mengolah semua data dan elemen yang berhubungan dengan karyawan. Jadi, peran staff HR tetap tidak bisa tergantikan dengan software HR. Lalu, apa saja manfaat software HR bagi sebuah perusahaan?

Manfaat Software HR untuk Perusahaan

Meskipun masih asing di kalangan pebisnis awam, tetapi ternyata software HR ini memiliki manfaat yang banyak untuk keberlangsungan karyawan di suatu perusahaan. Penasaran apa saja manfaat menggunakan software HR?

Berikut ini informasinya.

1. Sistem Penggajian yang Super Akurat

Manfaat software HR yang pertama adalah sebagai sistem penggajian karyawan yang super akurat. Gaji adalah salah satu apresiasi dari perusahaan untuk karyawan atas semua kerja keras yang telah dilakukan. Untuk menghitung gaji yang akan diberikan kepada karyawan, maka software HR akan membantunya dengan bijak agar gaji yang diberikan adil dan sesuai dengan kinerja.

2. Absensi Real-Time

Software HR bisa disebut sebagai aplikasi jam kerja karena dapat mengabsen pekerja secara real-time. Aplikasi HR ini dapat menampung dan juga memantau absen karyawan setiap harinya sesuai waktu, sehingga staff HRD dapat melihat kapan Anda tiba di kantor. Yang menariknya adalah absen yang dimasukan di dalam software HR ini akan terhubung dengan sistem penggajian nantinya.

3. Kemudahan Mengajukan Cuti

Tahukah Anda dengan menggunakan software HR, sebagai karyawan Anda dapat lebih mudah mengajukan cuti untuk berbagai keperluan. Hal ini karena Anda tidak perlu membuat sebuah surat permohonan cuti karena sistem akan otomatis memberikan jatah cuti untuk Anda.

4. Menyimpan Data Pribadi

Manfaat software HR yang selanjutnya adalah sebagai penyimpanan data pribadi karyawan. Jika biasanya sebuah perusahaan menggunakan kertas untuk menyimpan data pegawainya, kini Anda tidak perlu khawatir karena semua data yang Anda miliki akan tersimpan dengan aman di software HR. Hal ini juga bermanfaat agar siapa saja dapat mengakses informasi pribadi Anda dengan cepat dan mudah. Menarik bukan?

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan, mulai dari pengertian hingga manfaat software HR yang wajib Anda ketahui. Setelah mengetahui bagaimana kemudahan menggunakan aplikasi HR, semoga dapat membantu Anda untuk bikin schedule kerja dan keperluan pekerjaan lainnya.

Pengen jadi sesuatu yang berbeda dengan yang lain.Saya cuma publisher ecek-ecek yang hanya apa adanya,tapi pengen menjadi TOP PUBLISHER.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *